Tanda-Tanda Rahim Berkontraksi dengan Baik Pasca Persalinan

Posted on

Kita ketahui bahwa selama kehamilan kurang lebih 9 bulan telah mempengaruhi beberapa perubahan pada tubuh wanita. Demikian juga halnya ketika wanita telah melahirkan bayinya, maka akan terjadi pula perubahan pada tubuh wanita tersebut. hal yang paling Nampak terutama adalah bagian perut yang sebelumnya membesar, saat melahirkan akan lebih mengecil kembali. Namun demikian, tidak langsung kembali seperti saat sebelum hamil.

Kontraksi rahim sangat berperan penting saat setelah wanita melahirkan. Kontraksi rahim berfungsi membantu pelepasan plasenta saat setelah bayi lahir. Setelah plasenta lahir, maka kontraksi rahim sangat diharapkan bisa terjadi dengan baik. Kontraksi rahim yang terjadi setelah melahirkan adalah untuk mencegah terjadinya pendarahan setelah melahirkan. Saat berkontraksi, maka pembuluh darah akan tertutup bersamaan dengan mengkerut/ mengecilnya rahim, sehingga pembuluh darah tertutup dan terhindar dari pendarahan. Dan sebaliknya, jika kontraksi rahim tidak terjadi secara efektif, maka kemungkinan pendarahan akan terjadi, karena pembuluh darah rahim masih terbuka.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Untuk itu, maka perlu anda ketahui dan bisa membedakan apakah rahim anda berkontraksi dengan baik atau sebaliknya. Nah berikut bisa anda jadikan sebagai penuntun untuk tanda-tanda bahwa rahim berkontraksi dengan baik.

Tanda-tanda rahim berkontraksi dengan baik setelah melahirkan:

  • Teraba keras, dan bundar pada daerah pusat jika anda raba setelah plasenta lahir. Dan anda bisa merabanya, ketika anda dapat menemukan semacam benda yang teraba keras dan padat, itulah rahim anda, dan artinya dapat berkontraksi dengan baik. Jika rahim tidak berkontraksi dengan bak, maka akan teraba lebih lembek atau bahkan sulit ditemukan untuk diraba.
  • Tidak terjadi pendarahan. Dikatakan terjadi pendarahan, jika terjadi pengeluaran darah dari jalan lahir melebihi 500 cc atau setara dengan darah sekitar 2 gelas ukuran sedang. Tidak terjadi pendarahan artinya, rahim mampu berkontraksi dengan baik, sehingga bisa menutup kembali pembuluh darah yang terputus saat proses persalinan. Anda bisa menandainya, jika pengeluaran darah menyebabkan darah terus menerus membasahi pembalut atau tembus membasahi pakaian anda dan tidak berhenti meskipun secara perlahan, sebaiknya apabila disertai rasa pusing, sakit kepala, mata berkunang-kunang, lemas, mual dan sebagainya segeralah meminta pertolongan dokter anda.
Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «