Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Posted on

Pada umumnya pasangan yang telah menikah akan segera mengharapkan kehadiran buah hati dalam rumah tangganya. Tak jarang pasangan baru ini mengumpulkan informasi tentang masa subur seorang wanita, waktu yang baik untuk melakukan hubungan intim, frekuansi dan makanan yang penting untuk meningkatkan kualitas sperma dan lain sebagainya untuk menunjang keberhasilan program hamilnya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah bagaimana megenali gejala awal kehamilan setelah hubungan intim dilakukan.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Nah, setelah sebelumnya kita membahas tentang bagaimana tips berhubungan intim agar cepat hamil, kali ini kita akan membahas tentang tanda awal kehamilan setelah berhubungan intim.

Melihat hadirnya tanda awal pada kehamilan ini merupakan sebuah langkah penting bagi Bunda yang sedang merencanakan untuk hamil. Kenapa? Karena dengan mengetahui tanda-tanda awal berikut ini Bunda tidak akan mengalami kekhawatiran berlebihan atau juga pertanyaan-pertanyaan yang mungkin sangat biasa ditanyakan.

Misalnya di salah satu komentar blog ini ada yang bertanya : “Dok, saya mengalami kepala pusing, mual dan seluruh badan capek. Namun setelah diuji dengan test pack, ternyata tidak positif.. “

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini tidak akan muncul jika Bunda telah mengetahui tanda-tanda kehamilan awal setelah berhubungan. Pada artikel sebelumnya saya juga pernah membahas mengenai tanda-tanda kehamilan awal. Tapi tak apalah jika kita melihat lagi tentang masalah tersebut.

Tanda Awal Kehamilan Setelah Berhubungan

Tanda awal kehamilan merupakan sekumpulan gejala yang dialami oleh wanita yang berada difase awal kehamilannya dimana masa ini sangat penting untuk diketahui sehingga calon ibu tersebut dapat segera memenuhi asupan nutrisi bagi janin yang ada dalam kandungannya.

Berikut ini tanda-tanda awal kehamilan yang muncul mungkin beberapa hari atau beberapa pekan setelah Anda berhubungan intim dengan pasangan. Tanda-tanda ini bisa muncul secara bersamaan, namun bisa juga hanya salah satu atau beberapa saja.

Dengan mengetahui tanda kehamilan ini, Bunda akan lebih mudah menentukan persiapan apa saja yang harus dilakukan setelah mengetahui kehamilannya.

Tanda Awal Kehamilan #1 : Terlambat Haid. Terlambat haid atau tidak mendapat haid sama sekali merupakan salah satu tanda bahwa seseorang hamil. Meski begitu, tak ada jaminan bahwa setiap orang yang terlambat haid telah berhasil dalam program kehamilan yang dia lakukan. Haid bisa saja terlambat disebabkan oleh beberapa hal lain misalnya kelelahan, mengkonsumsi pil KB, menyusui atau hal lainnya. Jika Anda tidak haid setelah berhubungan badan, segera lakukan test pack untuk mengetahui keberhasilan program hamil yang Anda lakukan.

Tanda Awal Kehamilan #2 : Pendarahan atau Munculnya Flek. Biasanya 6 hingga 12 hari setelah berhubungan, embrio akan melekatkan diri pada dinding rahim. Pelekatan ini akan memunculkan efek pendarahan atau flek yang kadang disertai dengan kram pada bagian perut. Meski begitu, pendarahan ini jauh lebih ringan dari saat haid, dan mungkin lebih singkat. Pendarahan atau munculnya flek juga bisa terjadi karena hal lain.

Jadi setelah mendapatkan gejala ini sebaiknya Bunda perbanyak istirahat. Karna pada beberapa wanita yang kandungannya beresiko seperti memiliki riwayat keguguran sebelumnya atau kondisi kehamilan yang disertai penyakit maka langkah ini diharapkan dapat meminimalisir bahaya yang akan terjadi pada kehamilannya.

Tanda Awal Kehamilan #3 : Payudara Berubah. Beberapa perubahan juga akan terjadi pada payudara saat pembuahan berhasil terjadi dalam rahim. Bentuk payudara akan membesar, lebih lunak, serta akan terasa sakit jika disentuh. Selain itu warna aerola, yakni kulit di sekitar puting payudara akan terlihat lebih gelap dan sangat jelas batasannya. Nah, jika ini terjadi segera periksakan diri ke bidan. Semoga berhasil dengan program hamilnya. Aaamiinn…

Tanda Awal Kehamilan #4 : Ngidam. Ngidam ini bisa saja terjadi pada beberapa orang, namun tidak pada orang lainnya. Ngidam berarti selalu ingin meminta sesuatu yang tidak biasanya. Misalnya tiba-tiba tengah malam ingin makan pecel Lele. Lah, dah lewat jam 2 malam mana ada warung pecel yang buka?! Haha … Ngidam juga biasanya lebih pada makanan-makanan yang kecut, seperti kadondong, mangga, atau buah-buahan lain. Namun tidak semua orang melewati proses ini, karena ada juga yang tidak merasakan perubahan ketika awal kehamilannya.

Tanda Awal Kehamilan #5 : Morning Sickness. Morning sickness atau yang dikenal dengan mual dan muntah adalah perasaan tidak nyaman dalam perut Bunda yang sedang mengandung pada awal trimester pertama.

Mengapa demikian?

Karna mual atau muntah itu sendiri salah satunya dipengaruhi oleh peningkatan produksi hormon human chorionic gonadotropin (HCG). Hormon HCG ini diproduksi oleh plasenta pada waktu awal masa kehamilan. Hormon ini juga merupakan pertanda adanya kehamilan yang menyebabkan adanya tanda strip dua pada alat test kehamilan. Peningkatan hormon HCG ini akan menyebabkan perubahan dalam tubuh ibu hamil yang memicu rasa mual muntah.

Kurangnya mual selama kehamilan, bagaimanapun, tidak selalu menjadi perhatian. Beberapa perempuan tampaknya tidak mengalami gejala umum seperti mual muntah dari awal kehamilan meskipun tubuhnya memproduksi hormon kehamilan. Karna tidak semua wanita hamil memiliki peningkatan yang signifikan terhadap produksi hormon HCG itu sendiri.

Disebut morning sickness karena biasanya rasa mual dan pengen muntah ini terjadi pada pagi hari. Namun kondisi ini bisa terjadi kapan saja. Baik itu pagi, sore ataupun malam. Untuk menghindari mual dan muntah ini, Bunda dapat mencoba mengkonsumsi susu prenagen esensis untuk wanita hamil dengan formula anti mual. Biasanya sih banyak yang cocok.

Tanda Awal Kehamilan #6 : Kelelahan, Sakit Punggung dan Sakit Kepala. Kelelahan pada ibu hamil pada awal trimester pertama dapat terjadi karena meningkatkan produksi hormon progesteron yang memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh. Hal ini juga dapat disertai dengan sakit punggung atau juga sakit kepala secara bersamaan. Rasa sakit ini biasanya akan jarang terjadi lagi pada usia masuk ke bulan ke empat. Untuk menghindari hal ini, disarankan bunda yang sedang hamil muda untuk mengurangi tingkat aktivitas.

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karna tubuh sedang berusaha beradaptasi dengan adanya janin dalam kandungannya. Selain itu, istirahat juga bermanfaat untuk mengurangi stes pada awal kehamilan.

Tanda Awal Kehamilan #7 : Sering Pipis. Jika dinalar secara logika, sering pipis memang sangat wajar terjadi pada Bunda yang sedang mengandung. Hal ini karena kandung kemih mendapatkan tekanan dari rahim yang mulai membesar untuk perkembangan janin. Biasanya kebiasaan sering pipis ini akan terjadi hingga beberapa bulan kemudian.

Jika memang terjadi peningkatan frekuensi berkemin atau buang air kecil maka jangan sering ditahan karna bisa bahaya. Keseringan menahan buang air kecil bisa mengakibatkan infeksi pada saluran kencing, pembengkakan kandung kemih (penampung air seni), dan hal yang lebih berbahaya adalah terjadinya batu ginjal. Ini semua bisa memperberat kehamilan Bunda.

Nah, demikianlah tanda awal kehamilan setelah berhubungan. Semoga bermanfaat untuk Bunda sekalian. Jika ada yang kurang jelas tentang artikel ini, mari kita berdiskusi dengan meninggalkan komentar di bagian bawah posting ini.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «