Tahapan dalam kehamilan

Posted on

Sebenarnya kita tidak bisa mengetahui secara pasti kapan terjadinya pembuahan, namun untuk menentukan tahapan kehamilan kita bisa mengetahui perhitungan proses kehamilan dengan berpatokan pada kapan hari pertama haid terakhir atau biasa disebut dengan HPHT. Dari sinilah kita bisa mengetaui awal dari tahapan dalam kehamilan. Karena proses kehamilan dimulai saat terjadinya konsepsi atau pembuahan.

  • Ovulasi

Di dalam ovarium terdapat folikel yang berisikan cairan dan sel telur, jika folikel tersebut sudah matang maka dia akan pecah dan mengeluarkan sel telur yang ada di dalamnya. Inilah yang kita sebut dengan ovulasi atau masa subur, pada umunya ovulasi ini akan terjadi pada wanita setiap bulannya.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «
  • Perkembangan hormon

Setelah folikel melepaskan sel telur, folikel akan berubah dan berkembang menjadi korpus luteum. Dari korpus luteum inilah dihasilkan hormon yang akan membantu menebalkan lapisan rahim dalam rangkan mempersiapkan kehamilan jika bisa terjadi nantinya.

Tahapan dalam kehamilan

  • Perjalanan sel telur

Sel telur yang sudah di keluarkan dari folikel otomatis akan berenang dan berjalan menuju tuba falopi, dan sel telur akan berada disana sekitar 24 jam menanti sel sperma dengan setia untuk dapat membuahinya. Jika sel sperma tidak datang untuk membuahi, maka tidak akan terjadi yang namanya kehamilan. Kemudian sel telur akan bergerak menuju rahim yang kemudian akan menghancurkan diri, bersamaan dengan ini, kadar homon yang tadinya dipoduksi lebih banyak oleh luteum akan kembali normal, sehingga lapisan rahim yang sudah menebal pun akan luruh dengan sendirinya dan kejadian yang terjadi secara bersamaan inilah yang kita sebut dengan menstruasi.

  • Pembuahan

Nah, jika sel telur yang tadinya menunggu di tuba fallopi didatangi sel sperma, maka akan terjadi yang namanya pembuahan. Saat inilah proses kehamilan dimulai.

  • Implantasi

Dan proses yang terakhir yaitu implantasi, adalah proses dimana sel telur yang sudah dibuahi atau zigot berada di tuba fallopi selama kurang lebih 3-4 hari disana. Zigot inilah yang akan membelah diri secara terus menerus hingga akhirnya akan disebut dengan embrio, dan terus berkembang hingga menjadi janin dan sampai melahirkan.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «