Proses awal persalinan

Posted on

Persalinan dimulai ketika terjadinya pembukaan ada mulut rahim atau serviks, dan mulai melebar sedikit demi sedikit. Kemudian rahim akan berkontraksi dalam jarak waktu yang teratus dan perut menjadi keras. Pada masa-masa ini maka kandung kemih akan tertekan, sehingga anda akan lebih sering untuk buang air kecil.

Kontraksi yang sering terjadi pada rahim selama berkali-kali pada akhir usia kehamilan, dapat menimbulkan dugaan bahwa proses persalinan akan segera dimulai. Anda bisa mencoba memperhatikan jarak waktu timbulnya kontraksi yang terjadi, jika jarak waktu antara kontraksi satu dan kontraksi berikutnya selalu sama, maka itu adalah merupakan awal persalinan telah dimulai. Namun, jika jarak timbulnya kontraksi terjadi tidak secara teratur, maka disebut persalinan palsu. Dan kontraksi rahim yang terjadi sebagai tanda awal persalinan juga ditandai dengan kontraksi yang semakin lama jaraknya semakin dekat dan dalam waktu yang semakin lama.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Awal pembukaan srviks terjadi agar bayi bisa melewatinya dengan mudah. Ketika leher rahim mulai terbuka, maka akan ditandai dengan keluarnya gumpalan lender bercampur darah yang selama kehamilan menutup mulut rahim ini, guna melindungi dari masuknya kuman atau bakteri ke dalam rahim untuk member perlindungan terhadap janin.

Pecahnya membrane ketuban menyebabkan air ketuban menyembur keluar tanpa ada rasa sakit sedikitpun. Pecahnya membrane ketuban biasa terjadi ketika berlangsung terjadi kontraksi. Membrane ini normalnya hanya akan pecah ketika ada dorongan dari kontraksi uterus. Jika terjadi ada rembesan cairan ketuban sebelum mendekati proses persalinan merupakan tanda bahaya pada kehamilan anda, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan anda.

Pada tahap awal persalinan, bayi akan menurun  kearah mulut rahim, normalnya kepala janin berada di bawah. Pembukaan mulut rahim menyebabkan uterus berkontraksi dan mendorong bayi ke bawah sehingga mulut rahim akan semakin terbuka. Pada pembukaan awal, biasanya kontraksi terjadi sekali dalam 30 menit, dan kemudian akan semakin dekat jaraknya dan semakin lama.

Namun setiap kali kontraksi, anda diharapkan untuk tetap rileks dan dilarang untuk mengejan. Karena jika anda mengejan sebelum tepat pada waktunya, hal ini hanya dapat menyebabkan terjadinya penyulit kehamilan. Lamanya waktu yang dibutuhkan persalinan adalah berlangsung kira-kira 12-14 jam pada proses kelahiran anak pertama, dan akan semakin cepat ketika pada kelahiran anak kedua dan berikutnya.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «