Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil

Posted on

Banyak ibu hamil yang masih merasa cemas dan khawatir dengan posisi tidur yang dilakukan, apakah aman buat janinnya atau tidak. Sebenarnya ibu hamil tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah posisi tidur saat hamil.  Karena tubuh kita, sudah diciptakan sedemikian rupa, dan lengkap dengan pelindung-pelindung yang dibutuhkan. Dan janin pun mempunyai perlindungan dari selaput dan cairan ketuban.

Kehamilan pada trimester pertama perut anda belum membesar, sehingga masih bebas tidur da istirahat dengan berbagai posisi yang anda inginkan. Inti dari posisi tidur yang baik bagi ibu hamil adalah, bagaimana agar ibu hamil bisa merasa nyaman dan aman bagi janin saat istirahat atau tidur.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Ketika usia kehamilan semakin tua, maka ukuran perut pun semakin membesar. Dengan membesarnya perut, maka sulit bagi ibu hamil untuk menentukan posisi yang nyaman dan aman bagi janinnya. Karena semua mempunyai nilai yang besar dan sangat berarti demi kehadiran sang bayi kelak.

Ketika kehamilan telah memasuki usia 16 minggu, para ahli menganjurkan sebaiknya anda tidur dengan posisi miring ke sisi kiri. Karena pada posisi ini dapat memberikan keuntungan bagi janin untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang lebih maksimal ke plasenta yang mengemblikan aliran darah dari tubuh bagian bawah ke jantung. Juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa cairan pada ibu agar tidak menimbulkan bengkak pada daerah kaki dan tangan. Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman sebaiknya letakkan bantal diantara lutut dan punggung, atau dengan menggunakan bantal khusus ibu hamil.

Bagaimana dengan posisi tidur telentang dan tengkurap?

  • Tidur dengan posisi telentang. Setelah usia kehamilan 16 minggu, maka ibu hamil tidak dianjurkan untuk tidur dalam posisi telentang. Dengan tidur pada posisi telentang, berarti seluruh berat rahim mengarah ke belakang, yaitu bagian usus, sehingga bisa menyebabkan resiko sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan, peredaran darah dan pernafasan. Tidur pada posisi telentang juga dapat mempengaruhi tekanan darah tidak normal, sehingga menimbulkan rasa pusing.
  • Tidur dengan posisi tengkurap. Tidur pada posisi tengkurap sebenarnya aman-aman saja, tetapi perlu adanya penyokongan pada bagian paha untuk menyesuaikan dengan besarnya perut. Dan ibu hamil akan merasa kurang nyaman jika tidur dalam posisi tengkurap. Hal tersebut karena pengaruh dari pembesaran payudara dan payudara menjadi lebih sensitive, serta adanya pembesaran pada perut.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «