5 Pola Hidup Sehat Agar Anda Cepat Hamil

Posted on

Ketika Bunda telah merencanakan kehamilan, maka Bunda harus benar-benar mempersiapkannya dengan matang. Salah satunya dengan mengikuti gaya hidup sehat, agar bayi yang kelak lahir juga dalam keadaan sehat. Berikut beberapa hal yang dapat Bunda terapkan dalam gaya hidup sehat.

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil #1 : Menjaga Berat Badan

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Bunda pasti sudah tahu kan kalau berat badan juga mempengaruhi proses kehamilan. Wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus akan sulit mendapatkan kehamilan.

faktor penyebab susah hamilPada wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas akan mengalami gangguan metabolisme dan produksi hormon dalam tubuhnya. Kita ketahui bahwa hormon yang bertanggung jawab pada terjadinya haid adalah estrogen dan progesteron. Wanita yang terlalu gemuk akan mengalami peningkatan berlebih terhadap kedua hormon tersebut dalam tubuhnya sehingga menyebabkan haid yang tidak teratur. Jika siklus haid tidak teratur maka proses ovulasi atau pelepasan sel telur pun akan terganggu sehingga akan menyebabkan kesulitan untuk hamil.

Sementasi itu, wanita yang terlalu kurus juga akan mengalami gangguan haid bahkan tidak haid karna gangguan pada produksi hormon reproduksinya akan menurun. Setiap terjadi satu siklus haid maka akan dihasilkan pula satu sel telur atau ovum. Ovum inilah yang nantinya akan dibuahi oleh sel sperma dari pihak pria sehingga terjadi kehamilan

Karena itu sangat disarankan kepada Bunda untuk menjaga berat badan. Berat badan ideal Bunda adalah tinggi badan dikurang 100. Jadi, jika tinggi Bunda 150, maka berat ideal Bunda adalah 150-100 = 50 kg.

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil #2 : Menjaga Pola Makan

Poin pertama sangat erat kaitannya dengan poin ini. Ketika Bunda mengusahakan berat yang ideal, maka Bunda harus menjaga pola makan.

Pola makan akan menentukan nutrisi yang kita peroleh. Pemilihan sumber makanan yang Bunda konsumsi sangat penting ya.

Mengapa? Karna tujuannya bukan hanya untuk menurunkan atau menambah berat badan tetapi juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda. Salah satu cara menjaga pola makan agar masuk ke dalam gaya hidup sehat adalah dengan memvariasikan atau mengkombinasikan menu makanan harian Bunda. Misalnya ayam selalu menjadi menu harian Bunda, maka mulai sekarang Bunda harus memvariasikannya dengan menu lain seperti ikan, tahu tempe, atau telur.

Yang juga tak kalah penting adalah sayuran dan buah-buahan. Serat dari sayuran punya kecenderungan membuat perut menjadi kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan malas makan makanan yang berserat. Sedangkan vitamin dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu vitamin yang dibutuhkan bagi kehamilan adalah vitamin E karna vitamin ini sangat baik untuk menunjang kesuburan. Vitamin E dapat meningkatkan penebalan dinding rahim. Ketebalan dinding rahim yang ideal memang penting bagi pembuahan dan kehamilan. Karna, embrio (hasil penyatuan sel telur dan sel sperma) harus menempel erat pada dinding rahim agar bisa tumbuh menjadi janin. Karena itu, punya dinding rahim yang terlalu tipis bisa menyulitkan peluang terbentuknya janin dalam kandungan.

Selain itu vitamin E juga baik untuk kesehatan rahim. Menurut para ahli, ini karena vitamin E bertugas sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan mampu melindungi sistem reproduksi Anda dari radikal bebas atau kerusakan sel yang membuat dinding rahim menipis.

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil #3 : Olahraga

Olahraga tentu sudah tak asing lagi untuk Bunda ya. Baik untuk tujuan mempercepat kehamilan, keinginan menurunkan atau menambah berat badan, mengecilkan perut, mengecilkan paha, meninggikan badan, dan lain sebagainya. Namun apa pun motivasi Bunda, melakukan aktivitas fisik ini tentu akan membawa kepada kualitas kesehatan yang lebih baik dan dampak yang positif bagi Bunda.

Apalagi menjelang masa-masa kehamilan, olahraga menjadi salah satu hal yang sangat penting, agar tubuh Bunda sehat sehingga mendukung cara cepat hamil yang bunda kelak. Bunda tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti para atlet, cukup dengan olahraga ringan secara rutin, misalnya lari pagi, berenang atau bersepeda santai.

Yang tak kalah penting tentu saja melakukan olahraga ini bersama pasangan. Karna untuk hamil dibutuhkan wanita dan pria yang sama-sama sehat. Agar sel telur dan sperma yang dihasilkan berkualitas sehingga mempermudah terjadinya pembuahan atau kehamilan. Selain itu, olahraga bersama pasangan jadi lebih menyenangkan dibandingkan jika dilakukan sendiri ya Bund.

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil #4 : Mencukupi Nutrisi Penting

Ketika memasuki masa-masa kehamilan, Bunda membutuhkan pasokan nutrisi ekstra. Berikut beberapa nutrisi yang sebaiknya Bunda lengkapi.

  • Asam Folat: Asam folat dapat Bunda peroleh dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah jeruk dan telur. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, Bunda membutuhkan 400 mg asam folat tiap hari. Asam folat ini sangat penting untuk perkembangan otak dan tulang belakang janin. Berikut ini beberapa manfaat asam folat lainnya:
  1. Kandungan menjadi subur. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan baik itu bagi wanita maupun pria.
  2. Menguatkan sel telur Bunda. Asan folat tidak hanya menyuburkan kandungan atau menyuburkan sel telur saja, tetapi bisa juga digunakan untuk menguatkan sel telur sehingga sel telur itu akan kuat menempel di dinding rahim.
  3. Mampu meningkatkan kuantitas sperma. Kuantitas disini maksudnya jumlah atau volume sperma itu sendiri ya. Ini sangat penting karna jumlah sperma juga akan mempengaruhi keberhasilan pembuahan atau kehamilan. Jumlah sperma yang sedikit bisa menghasilkan sel sperma yang sedikit pula sehingga pembuahan akan minim terjadi.
  4. Meningkatkan kualitas sperma. Jika jumlah atau volume sperma sudah memenuhi untuk proses pembuahan maka yang tak kalah pentingnya adalah kualitas sperma itu sendiri. Karna hanya sperma yang berkualitas yang dapat menyentuh sel telur atau ovum. Semakin banyak sel sperma yang berkualitas maka semakin besar pula peluang terjadinya kehamilan.
  5. Mencegah cacat pada janin. Asam folat yang dikonsumsi akan meningkatkan kualitas sperma dan ovum sehingga proses pembuahan dapat terjadi. Dengan demikian cacat janin pun dapat dihindari.
  • Kalsium: Bunda dapat memperoleh asupan kalsium dari berbagai jenis makanan seperti susu, yoghurt, keju, es krim dan sayuran hijau seperti brokoli. Jika tak ingin repot, Bunda cukup meminum dua gelas susu per hari untuk mencukupi kebutuhan kalsium ini. Kalsium berperan sangat penting dalam pembentukan tulang dan gigi pada janin.
  • Zat Besi: Sumber zat besi yang dapat Bunda konsumsi di antaranya sayuran hijau dan daging. Zat besi ini sangat penting dalam pembentukan sel darah pada janin yang Bunda kandung.

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil #5 : Memilih Camilan Yang Sehat

Ngemil adalah hobi sebagian wanita. Jika Bunda termasuk di antaranya dan sedang memasuki masa kehamilan, hobi ngemil ini perlu sedikit dikontrol tapi tak harus dihentikan. Ngemil pada masa-masa kehamilan haruslah ngemil yang sehat dan bergizi. Sebaiknya Bunda memilih camilan sehat berupa buah, sayuran bercita rasa manis (baby carrot, cherry tomato), kacang rebus, atau biskuit yang kaya akan zat besi dan keju.

Semoga bermanfaat ya Bund ..

***

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «