Pemeriksaan yang Diperlukan sebelum Kehamilan

Posted on

Dengan melakukan pemeriksaan sebelum kehamilan, anda dapat menjalani proses kehamilan dengan baik dikemudian hari dan juga janin anda dalam kandungan akan memperoleh yang terbaik dari yang ia butuhkan selama dalam kandungan, terlebih jika anda memiliki riwayat penyakit yang akan mempengaruhi perkembangan bayi anda nantinya seperti hipertensi, diabetes, asma, jantung, infeksi, saluran kencing, gangguan tiroid, dan anemia , maka untuk mempersiapkan kehamilan yang baik ada beberapa pemeriksaan yang perlu dijalani oleh wanita dan laki-laki yaitu.

Berikut adalah pemeriksaan yang perlu dalam mempersiapkan kehamilan:

  • Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan golongan darah dan rhesus/Rh darah (unsur yang mempengaruhi antibodi yang terkandung di dalam sel darah merah) pada pasangan suami isteri dilakukan untuk mengantisipasi perbedaan golongan darah dan rhesus antara darah ibu dan bayinya. Perbedaan golongan darah dan rhesus darah ini dapat mengancam kondisi janin dalam kandungan.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «
  • Pemeriksaan darah rutin

Kadar hemoglobin, hematokrit, sel darah putih (leukosit) dan faktor pembekuan darah (trombosit). Bertujuan untuk mengetahui apakah anda mengalami anemia, infeksi, atau ganguan faktor pembekuan darah atau tidak.

  • Pemeriksaan TORCH

TORCH adalah singkatan darri kata Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes Simplex Virus. Infeksi TORCH sebaiknya diketahui sebelum Anda memutuskan memiliki anak, karena infeksi saat kehamilan dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir prematur, atau bahkan kelainan bawaan pada bayi.

  • Pemeriksaan gula darah

Periksa gula darah dilakukan sewaktu puasa dan tidak puasa. Kedua pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa apakah anda mengidap penyakit diabetes melitus, atau setidaknya memiliki kelainan yang dapat berkembang menjadi diabetes mellitus atau tidak.

  • Pemeriksaan  urinalisis lengkap

Pemeriksaan urin berguna untuk mengetahui infeksi saluran kemih dan adanya darah, protein, bilirubin atau gula darah urin yang menunjukkan adanya penyakit tententu.

  • Pemeriksaan USG

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi alat reproduksi baik bagi wanita letak rahim, keadaan ovarium dan sebagainya.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «