Menjaga Kebersihan Janin

Posted on

Menjaga kebersihan bayi merupakan aktivitas yang harus dikerjakan oleh orang tua bayi. Kebersihan tidak boleh diremehkan, karena salah satu cara yang terbaik untuk membuat bayi tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihannya. Selain itu juga, kebersihan yang terjaga akan membuat bayi menjadi lebih nyaman, sehingga bisa tidur dengan nyenyak. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan dalam menjaga kebersihan bayi anda.

Berikut ini beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam menjaga kebersihan bayi:

  • Memandikan bayi

Untuk menjaga kebersihan tubuh bayi, anda harus memandikankannya. Pada tahun pertama tidak perlu memandikannya tiap hari sebagaimana orang dewasa. pada awal kelahirannya, bayi baru boleh dimandikan minimal 6 jam setelah kelahirannya. Hal ini bertujuan agar bayi bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungan barunya setelah sebelumnya selalu merasa hangat di dalam kandungan. Pada bulan-bulan pertama kelahirannya, anda cukup memandikannya di pagi hari saja, tetapi tetap jaga kebersihan tubuhnya sepanjang hari. Bisa dengan menggunakan tissue basah atau dengan mengelap tubuh bayi dengan lap halus yang telah dibasahi dengan air, usahakan menggunakan air hangat-hangat kuku agar bayi tidak kedinginan.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Dalam memandikan bayi, anda perlu berhati-hati, sebaiknya sebelum memulai untuk memandikan bayi, anda perlu berlatih dahulu, atau memanggil saudara anda yang bisa membimbing anda dalam memandikan bayi. Hal ini dikhawatirkan anda belum mampu mengontrol gerakan bayi saat anda memandikannya sehingga rawan untuk jatuh dan juga karena kepalanya belum bisa mengangga sendiri sehingga anda betul-betul harus memegang bagian pundak, leher  dan kepala secara benar.

  • Merawat kuku bayi

Mengapa perlu dilakukan perawatan terhadap kuku bayi? Bukannya kuku bayi masih terlalu imut? Jangan disepelekan, bayi sudah mampu menggerakkan tangannya sejak ia lahir, sehingga akan dikhawatirkan jika kuku bayi anda tidak dipotong, maka bisa mencakar dirinya sendiri, yang bisa menyebabkan luka dan akan lebih berbahaya jika kukunya dalam keadaan kotor, karena bisa saja menimbulkan infeksi. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan kuku bayi. Potong secara hati-hati kuku bayi anda, dan waktu yang baik adalah saat bayi tidur.

  • Membersihkan telinga dan hidung bayi
Baca juga :  Cara Mengatasi Flu Pada Bayi & Balita

Sebagaimana orang dewasa, bayipun juga akan merasa risih jika kondisi hidung dan telinganya tidak dibersihkan. Untuk membersihkan bagian-bagian ini, tidak perlu anda bersihkan sampai ke bagian dalam. Pada telinga, anda cukup membersihkan di permukaan telingan sampai rongga lubang telinga. Lakukan secara hati-hati dan gunakan lap atau kain yang lembut untuk membersihkannya.

Untuk membersihkan hidung, sebaiknya gunakan kain halus yang lembab dan usapkan secara perlahan dengan memperhatikan di tiap tepi lubang hidung, namun jangan dipaksakan. Ketika bayi anda flu, gunakan semacam pipet atau selang kecil untuk mengeluarkan lender dalam hidungnya, dan lakukan dengan hati-hati.

  • Membersihkan tempat tidur bayi

Selain pada tubuh bayi, anda perlu menjaga kebersihan tempat tidur bayi. Karena terkadang tanpa kita ketahui, bayi akan bergerak miring ke kanan dank e kiri, dan untuk menghindari datangnya serangga dan semacamnya yang biasa muncul jika lingkungan tidak bersih.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «