Mengapa Payudara Rawan Membengkak?

Posted on

Sesudah bayi lahir dan plasenta keluar, kadar estrogen dan progesteron turun dalam 2-3 hari. Dengan ini faktor dari hipotalamus yang menghalangi prolaktin waktu hamil, dan sangat di pengaruhi oleh estrogen tidak dikeluarkan lagi, dan terjadi sekresi prolaktin oleh hipofisis.Hormon ini menyebabkan alveolus-alveolus kelenjar payudara terisi dengan air susu, tetapi untuk mengeluarkan dibutuhkan refleks yang menyebabkan kontraksi sel-sel mioepitel yang mengelilingi alveolus dan duktus kecil kelenjar-kelenjar tersebut. Refleks ini timbul bila bayi menyusui. Apabila bayi tidak menyusu dengan baik, atau jika tidak dikosongkan dengan sempurna, maka payudara akan membengkak dan bisa menyebabkan terjadinya bendungan ASI.

Payudara yang membengkak ini disebabkan oleh beberapa faktor. Sekira 2-6 hari setelah melahirkan, air susu yang terbentuk pertama kali (kolostrum) menjadi air susu yang matang. Jika air susu yang sudah dibentuk ini belum bisa dikeluarkan, maka payudara menjadi ‘penuh’ atau bengkak. Penyebab lainnya antara lain Ibu sedang bekerja dan tidak bisa menyusui bayinya tanpa memompa payudara, bayi tertidur sepanjang malam, bayi menolak menyusu, Ibu menyapih bayi tiba-tiba, dan lan sebagainya.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Untuk mencegah terjadinya hal ini, sebaiknya susui bayi sesering mungkin atau saat bayi menginginkan, dan mempelajari bagaimana cara memompa air susu, baik secara manual maupun dengan pompa.

Pembengkakan pada payudara saat masa menyusui adalah akibat dari terhambat aliran ASI yang tidak segera ditangani, sehingga menyebabkan bendungan ASI pada payudara. Selain itu ini juga bisa di sebabkan karena produksi asi yang lebih banyak dari pada bayi. Pembengkakan ini akan menyebabkan payudara terasa kencang dan sedikit nyeri .Untuk mengatasi Anda bisa mengompres payudara dengan air hangat, setelah itu lalu pijat dengan minyak bayi atau minyak goreng dengan arah memutar pangkal payudara ke arah puting. Keluarkan ASI dengan menggunakan pompa, bayi lebih sering.

Dengan demikian, jika anda dalam masa menyusui, sebaiknya berikan bayi anda ASI secara ondemand, artinya secara terus menerus atau berlanjut ketika jadwal pemberian, meskipun bayi anda tertidur, sebaknya tetap susui agar nutrisi untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih baik. Bukan hanya itu, tetapi dengan menyusui secaa teratur dan tepat akan dapat terhindar dari pembengkakan paayudara saat menyusui. Karena payudara memang sangat rawan membengkak, terlebih ketika saat masa menyusui. Hal ini disebabkan karena produksi ASI secara terus menerus.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «