Makanan yang Banyak Mengandung Asam Folat

Posted on

Adalah merupakan jenis Vitamin yang dapat larut dalam air, asam folat memang dibutuhkan oleh anak-anak dan orang dewasa untuk memproduksi sel darah merah dan dapat mencegah anemia. Ibu dalam masa kehamilan juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi jenis Vitamin yang satu ini, hal ini adalah ditujukan untuk mencegah bayi lahir prematur atau lahir cacat, cacat yang dimaksudkan adalah juga termasuk cacat sistem saraf otak ataupun cacat tabung saraf.

Makanan yang Banyak Mengandung Asam Folat

Bagi anda pasangan yang sangat mengharapkan kehamilan lebih disarankan untuk dapat mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh minimall 4 bulan sebelum kehamilan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam folat atau Vitamin B9 pada ibu hamil dapat mengurangi resiko melahirkan anak dengan gangguan pertumbuhan seperti autisme atau sindroma asperger. Bahkan dalam sebuah studi yang diadakan di australia membuktikan bahwa seorang ibu yang banyak mengkonsumsi asam folat memiliki kemungkinan lebih besar sekitar 40 persen untuk melahirkan anak kembar dibandingkan dengan yang jarang mengkonsumsi. Berikut beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat:

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Sayur-sayuran, merupakan makanan yang kaya akan asam folat antara lain seperti bayam, kangkung, daun bawang, dan kentang. Buah-buahan, termasuk buah-buahan yang kaya asam folat seperti pisang, jeruk, tomat, buah bit. Kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang panjang, kacang polong, kacang tanah.

Selain pada makanan yang sudah disebutkan, ternyata asam folat juga dapat ditemukan pada makanan lain seperti seral dan roti, dan perlu untuk anda ketahui bahwa asam folat adalah merupakan Vitamin yang sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu yang tinggi. Untuk itu lebih disarankan dalam memproses makanan yang banyak mengandung asam folat tersebut dalam keadaan segar, tidak diproses dengan di rebus, digoreng dan sebagainya. Seandainya butuh untuk dimasak terlabih dahulu, disarankan untuk tidak memprosesnya terlalu lama sehingga proses pemasakan yang anda lakukan tidak menghilangkan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut, meskipun jelas vitamin yang terkandung akan berkurang namun tidak hilang secara keseluruhan. Jadi akan tetap berkhasiat.

Sebagian besar seorang ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan mengkonsumsi asam folat bertujuan agar menghindari bayi lahir cacat, hal ini memang benar. Tapi perlu anda tahu selain memperkecil kemungkinan bayi lahir cacat, asam folat juga berguna untuk mempersiapan perkembangan otak janin nantinya juga untuk perkembangan tulang janin.

  • Asam folat dari buah-buahan
Baca juga :  Sayuran Penyubur Rahim

Makanan yang banyak mengandung asam folat dari buah-buahan antara lain adalah dari buah pisang, kemudian anda juga bisa memperbanyak mengkonsumsi buah jeruk, alpukat, strawbery yang juga akan mencegah cacat sumsum tulang belakang sedangkan terkhusus untuk buah alpukat selain mengandung banyak asam folat, alpukat juga dapat anda gunakan untuk menangkal radikal bebas.

Tidak hanya sayuran dan jenis kacang-kacangan saja, jenis yang terakhir adalah dari buah-buahan yang akan bisa anda dapatkan dari buah jeruk, pisang, strawbery dan alpukat.

  • Asam folat dari sayur-sayuran

Sebagai salah satu cara untuk mencegah bayi lahir cacat, mulailah mengkonsumsi sayuran yang kaya akan asam folat dari sekarang seperti sayuran yang berwarna hijau dan kuning yang biasanya akan banyak mengandung asam folat. Bukan hanya brokoli saja, anda akan tetap bisa mendapatkan asam folat dari sayuran lain seperti kentang, kangkung, daun bawang. Perlu anda ketahui sebaiknya dalam mengolah sayuran ini agar tidak menghilangkan kandungan asam folatnya masaklah setengah matang.

Selain dari jenis kacang-kacangan, sayuran yang mengandung warna hijau dan kuning juga banyak mengandung asam folat. Seperti kentang, brokoli, kangkung dan daun bawang. Dengan menambahkan menu pada makanan sehari-hari anda agar kebutuhan asam folat terpenuhi.

  • Asam folat dari kacang-kacangan

Sebenarnya hampir semua jenis kacang-kacangan kaya akan asam folat, seperti kacang polong, kacang tanah, kacang panjang dan kacang hijau. Jadikanlah menu makanan sehari hari sehingga kebutuhan tubuh akan asam folat bisa terpenuhi dengan baik.

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung asam folat tinggi yang tentunya selain baik untuk perkembangan otak juga akan mencegah bayi lahir cacat. Dari jenis kacang-kacangan seperti kacang panjang, kacang tanah, kacang polong, kacang hijau dan kacang kedelai.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «