3 Jenis Makanan Wajib untuk Program Hamil

Posted on

Hai Bunda… Apa yang kita konsumsi sangat menentukan status kesehatan kita dimasa depan. Terutama bagi Bunda yang sedang merencanakan kehamilan, makanan dan minuman adalah hal yang bisa menentukan kesuburan kandungan ya. Jadi sebenarnya untuk berhasil hamil ada beberapa faktor eksternal dan faktor internal yang perlu diamati. Faktor eksternal yakni gaya hidup sehat, pola istirahat, pola kerja, makanan dan minuman yang dikonsumsi atau beberapa hal lain terkait pemakaian obat-obatan. Namun juga terdapat faktor internal seperti masalah emosi pun berpengaruh besar dalam program hamil. Tapi dalam artikel ini kita hanya akan membahas terkait salah satu hal eksternal, yakni terkait makanan.

Resep Ampuh Untuk Mempercepat Kehamilan

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Menjaga atau mengatur pola makan yang sehat untuk mendorong atau meningkatkan kesuburan memang bukanlah hal yang mudah. Tidak hanya cukup dengan anggapan bahwa harus ada karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, susu dan lauk pauk.

Tetapi kita harus memastikan nutrisi yang terkandung pada sumber makanan tersebut sehingga fungsi hormon reproduksi dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Ketidakseimbangan hormon bisa teratasi dan sel telur yang sehatpun bisa dihasilkan.

Bagi Bunda yang sedang melakukan program hamil, makanlah dengan pola makan yang seimbang. Seimbang berarti semua dalam ukuran yang ideal. Tak harus melulu menghindari nasi, atau daging. Semuanya boleh saja, asal jumlahnya ideal sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya bunda mengurangi konsumsi makanan berlemak. Bukan menghindari ya bund, cuma mengurangi alias mengontrol. Beda kan ya?! Makanan berlemak kebanyakan akan dapat mempengaruhi hormon-hormon dan meningkatkan berat badan yang sudah kita ketahui bersama bahwa berat badan yang berlebih akan sangat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang, sehingga pada ujungnya dapat berpengaruh pada program cepat hamil yang dilakukan.

Bunda juga sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat berlebih. Sederhana sekali. Karbohidrat berasal dari nasi, ubi, roti, dan makanan berat sejenisnya. Dasar orang Indonesia ini biasanya tidak disebut makan kalau belum konsumsi nasi, makanya sering terjadi orang makan mie pake nasi. Ini contoh konsumsi karbohidrat berlebihan. Hehe …

Selain itu, Bunda juga sebaiknya menghindari makanan yang manis-manis.

Dengan memastikan jenis makanan yang Bunda konsumsi, pastikan juga waktu dan pengolahannya. Sangat penting untuk makan tepat waktu. Sarapan dipagi hari, makan siang dan makan malam. Jika ingin makan cemilan, makanlah disela waktu makan utama tersebut dan pastikan jumlahnya tidak berlebihan sehingga waktu makan cemilan tidak menyebabkan kekenyangan yang mengakibatkan waktu makan utama jadi terabaikan.

Baca juga :  Cara Mendapatkan Anak Perempuan Menurut Islam

Nah, selain yang sudah disebutkan berikut beberapa makanan yang juga akan baik untuk kesuburan.

  • Makanan yang mengandung asam folat tinggi

~ Kacang-Kacangan

Asam folat atau vitamin B9 banyak terdapat pada jenis kacang-kacangan. Bukan hanya asam folat, tetapi beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya, seperti kalsium, protein dan juga vitamin D yang tak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumi satu cangkir kacang, Anda akan mendapatkan asupan sekitar 180 mikrogram folat. Jumlah tersebut sudah mencakup hampir setengah dari jumlah asam folat yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Kacang-kacangan yang mengandung asam folat adalah semua jenis kacang-kacangan, sejenis kacang merah, kacang hijau (beans) dan juga kacang tanah (peanuts).

~ Buah-Buahan

Sumber utama vitamin secara alami adalah buah-buahan, dan asam folat adalah salah satu jenis vitamin. Buah yang mengandung asam folat contohnya melon, pisang, mangga, alpukat, dan keluarga citrus, yaitu segala macam jeruk. Kandungan vitamin C dan folat yang ada pada jenis buah-buahan tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk, pisang, dan alpukat adalah sumber asam folat untuk ibu hamil, sehingga buah ini bagus untuk ibu hamil.

~ Sayuran

Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jenis sayuran berdaun hijau, terutama berwarna hijau gelap. Contoh sayuran ini adalah brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Berbagai jenis sayuran ini termasuk mudah didapatkan. Selain kaya asam folat, sayuran juga kaya berbagai nutrisi lain. Sedangkan untuk ibu hamil yang paling bagus adalah bayam, brokoli, dan asparagus karena juga mengandung nutrisi lain yang cocok untuk kehamilan.

  • Telur. Telur tentu sudah tidak asing dalam men harian Bunda. Tapi tahukah Bunda bahwa telur kaya akan nutrisi dan vitamin penting seperti kolin dan protein.Banyak orang yang tidak percaya setelah mengetahui bahwa telur adalah makanan ampuh secara dramatis mampu meningkatkan kesehatan orgran reproduksi.Kolin sangat dibutuhkan baik sebelum kehamilan dan saat kehamilan, karena manfaatnya yang dapat membuat tubuh mampu menyerap asam folat.Sementara asam folat adalan vitamin kunci selama prakonsepsi dan awal kehamilan, yaitu untuk mencegah cacat lahir pada bayi.Konsumsi 1 butir telur saja perharinya, akan meningkatkan kadar kolin yang memadai untuk menyerap asam folat 2 kali lipat.
  • Suplemen Kesuburan. Ada banyak sekali jenis suplemen untuk membantu meningkatkan kesuburan, dengan beragam bentuk baik yang bersifat padat ataupun yang bersifat cair, semuanya memiliki manfaat yang sama untuk meningkatkan kesuburan anda. Kandungan omega 3 juga akan sangat bermanfaat jika anda tambahkan dalam menu makanan sehari-hari, faty acid ini akan sangat manjur untuk kesehatan otak dan anda bisa mendapatkannya dari ikan-ikan laut seperti ikan tuna dan ikan salmon.
  • Madu dan Kurma. Sejak dahulu, madu telah dipercaya sebagai salah satu produk alami yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu, juga ternyata mampu membantu mempercepat proses kehamilan. Begitu juga, kurma muda sudah terbukti sebagai produk yang sangat baik untuk program hamil. Ribuan Bunda sudah berhasil hamil karena konsumsi produk yang mengandung madu dan kurma. Di pasaran, banyak sekali tersedia kurma muda bund. Bisa coba cari di supermarket terdekat. Atau kalau Bunda tidak mau repot, bisa coba dengan mengkonsumsi Madu Penyubur Kandungan. Namanya madu Suka & Eury X. Alhamdulillah sudah banyak sekali bunda yang berhasil setelah promil dengan ikhtiyar konsumsi madu ini. Untuk coba cek detail, bunda bisa baca Di Sini.
Baca juga :  Cara Mendapatkan Anak Laki-Laki Menurut Islam

Semoga bermanfaat ya Bunda … Keep fight, semoga segera hamil!

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «