Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Posted on

Sesaat setelah bayi lahir, dengan melihat kondisi ibu melahirkan, maka sangat dianjurkan agar bayi segera mungkin diletakkan diatas perut ibunya agar mencari putting payudara sendiri untuk menyusu. Kegiatan ini disebut dengan inisiasi menyusu dini atau disingkat dengan IMD. IMD dilakukan sesaat setelah tali pusat bayi dipotong, agar mencari sendiri putting payudara ibunya, sehingga akan terjadi kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayi.

Menyusu, bukan menyusui merupakan gambaran bahwa IMD bukan program ibu menyusui bayi tetapi bayi yang harus aktif menemukan sendiri putting susu ibu. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Akan terjadi lima tahapan yang akan dilakukan oleh bayi sebelum menyusu. Pertama, dalam 30 menit awal, bayi akan istirahat dan sekali-kali melihat ke arah ibunya, untuk menyesuaikan dengan lingkungan barunya. Kedua, pada menit ke 30-40, bayi akan mengeluarkan suara, melakukan gerakan mengisap dan memasukan jari tangan ke mulut. Ketiga, bayi akan mengeluarkan air liur.

Keempat, kaki bayi akan menekan-nekan perut ibu untuk bergerak kearah payudara, dan kelima, bayi akan menjilat-jilat kulit ibu, menyentuh puting susu dengan tangannya, menghentak kepala kedada ibu, menoleh kekanan dan kekiri, menemukan puting susu, dan menjilat, membuka mulut lebar-lebar, dan melekat dengan baik lalu menghisapnya untuk menyusu. Bayi baru lahir sebenarnya sudah bisa mencari jalan sendiri untuk menemukan kehidupannya dimulai dengan mencari puting susu ibunya melalui proses IMD tersebut.

Ketika menyusu, oksitosin akan dilepas. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi, sehingga otot rahim akan berkontraksi seperti semula dan ukurannya kembali normal, sehingga dapat mengurangi pendarahan pasca persalinan.

Percayalah bayi dapat melakukan ini sendiri. Sebenarnya, ada kodrat alami seorang bayi untuk menyusu dari ibu bahkan saat dia baru lahir. Jadi Anda tidak perlu terlalu mengkuatirkan bayi Anda.Ini merupakan tahap awal yang sangat baik bila Anda ingin memberikan ASI eksklusif pada 6 bulan pertama. Bayi akan menyukai ASI dan ibu tidak akan kekurangan untuk memberikannya. IMD juga mengurangi rasa nyeri saat harus menyusui.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «