Gejala Timbulnya Mioma Uteri

Posted on

Mioma uteri sangat sulit didiagnosa, sebab tidak semuanya mioma uteri memberikan tanda atau gejala yang bisa ditandai sebagai adanya mioma pada penderita. Banyak pula wanita yang tidak mengeluhkan apapun dan ditemukan adanya mioma secara tidak sengaja, mungkin saja setelah pemeriksaan dalam atau pemeriksaan ultrasonografi. Sehingga memang secara khusus tidak memiliki gejala atau tanda munculnya mioma uteri.

Keluhan yang dirasakan terggantung dari lokasi miom uteri tumbuh, besarnya serta perubahan perubahan yang terjadi pada organ sekitarnya.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Keluhan-keluhan yang bisa timbul pada kasus mioma uteri adalah sebagai berikut ini:

  1. Perdarahan abnormal, Biasanya terjadi pendarahan yang lebih banyak pada saat menstruasi, hal ini disebabkan oleh karena meluasnya permukaan endometrium atau dinding rahim saat proses menstruasi.
  2. Rasa nyeri yang kelewatan pada saat menstruasi, dan masa menstruasi yang berkepanjangan. Akibat dari pendarahan yang banyak atau berkepanjangan, maka biasa penderita akan mengeluh cepat lelah atau pusing sebab anemia atau kekurangan sel darah merah.
  3. Gangguan kencing kalau miomanya menekan kandung kencing yang letaknya di bawah rahim maka akan terjadi lebih sering kencing karena kandung kemih tidak mampu lagi menampung urin sebagaimana mestinya.
  4. Keguguran, bila pasien mioma hamil maka bisa terjadi terganggunya kehamilan seperti keguguran maupun bayi lahir premature.
  5. Infertilitas, infertilitas bisa saja terjadi karena tertutupnya saluran indung telur atau tuba fallopi, sehingga menghalangi pertemuan antara sel telur dengan sel sperma.
  6. Penekanan rahim yang membesar, biasanya terasa di bagian bawah pada perut dan terasa nyeri karena terjadi penekanan syaraf.
  7. Adanya gangguan pada saat proses persalinan, misalnya perdarahan atau sebagai penyulit bayi lahir dan menyebabkan proses persalinan menjadi lebih lama dari waktu yang ditentukan.
  8. Pada persalinan dalam proses pelepasan plasenta juga bisa saja terjadi perdarahan

Namun demikian, gejala-gejala tersebut bersifat umum dan bisa juga terjadi pada kasus lain, sehingga dalam mengambil diagnose yang pasti, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter ahli kandungan.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «