Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Posted on

Kehamilan tidak hanya ditentukan oleh kondisi istri tetapi juga suami. Agar terjadi kehamilan, keduanya harus berada dalam keadaan yang sehat dan tidak terdapat gangguan dalam organ reproduksi. Salah satu gangguan reproduksi yang dialami oleh pria adalah kualitas sperma yang menurun. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena kualitas sperma yang buruk tentu tidak akan mampu membuahi sel telur. Kekhawatiran akan terjadinya kemandulan permanen pada pria yang mengalami penurunan mutu sperma tentu tidak bisa dihindarkan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebelum kita menginjak pada bahasan tentang cara meningkatkan kualitas sperma, ada beberapa penyebab dari penurunan mutu sperma yaitu:

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «
  • Kebiasaan makan makanan instan yang mengandung bahan kimia. Zat aditif seperti pengawet atau pewarna tentu akan mempengaruhi kesehatan organ tubuh terutama organ reproduksi sehingga sperma yang dihasilkan tidak berkualitas.
  • Merokok dapat menyebabkan impotensi sehingga akan sulit untuk memiliki keturunan.
  • Kegemukan merupakan pemicu diabetes. Penyakit ini bisa menyebabkan ketidaksuburan pada pria.

Cara meningkatkan kualitas sperma untuk mencegah kemandulan permanen bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan nutrisi seimbang serta tidak mengandung bahan kimia. Konsumsi vitamin C sangat dianjurkan bagi pria perokok untuk mengurangi dampak racun dari nikotin. Para pria juga bisa merangsang organ intim untuk memproduksi  sprema berkualitas dengan berolahraga. Lakukan olahraga secara teratur namun jangan terlalu berat karena akan menyebabkan cidera. Pemakaian celana dalam juga harus diperhatikan. Gunakan celana dalam yang agak longgar dan tidak terlalu ketat agar organ dapat bernapas.

Langkah-langkah tersebut mungkin tidak akan menunjukkan hasil yang signifikan dalam waktu singkat namun akan lebih baik jika para pria mencobanya sebelum melakukan tindakan medis. Terapi secara medis akan lebih tepat dilakukan jika jumlah sel sperma yang dihasilkan sangat sedikit atau bahkan tidak ada akibat terkena penyakit azoospermia. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut apakah kondisi penurunan kualitas sperma ini masih normal atau sudah berada di tahap kritis. Cara meningkatkan kualitas sperma untuk mencegah kemandulan permanen juga bisa dipraktekkan oleh pria dengan kondisi sperma yang normal.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «