Apakah Kehamilan 1 Minggu Bisa Dideteksi Test Pack?

Posted on

Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan bagi pasangan yang telah menikah. Benar nggak Bund? Jadi selain USG, test pack adalah cara yang paling umum yang sering digunakan oleh ibu-ibu yang sedang menginginkan kehamilan untuk mengetahui apakah dirinya sedang hamil atau tidak.

Dalam minggu pertama setelah berhubungan sebenarnya kehamilan seorang wanita sudah dapat di deteksi dengan menggunakan testpack, hal ini juga terdapat dalam buku petunjuk yang disertakan dalam kemasan testpack (namun tidak semua merk, hanya beberapa saja), dan tidak ada salahnya untuk mencoba jika memang sudah benar benar penasaran sekali dengan hasil yang akan di peroleh apakah sudah positif atau masih negatif.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam.
Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Kebanyakan pengguna testpack yang melakukan uji alat testpack seminggu setelah telat, biasanya mendapatkan hasil yang samar (warna strep gak terlalu merah, biasanya hanya pink atau lebih cerah lagi). Tentu saja, ketika awal memang seperti itu, namun itu menandakan bahwa akan ada kehamilan, cobalah 3-4 hari lagi untuk memastikannya.

Apakah Kehamilan 1 Minggu Bisa Dideteksi Test Pack?

Apakah Kehamilan 1 Minggu Bisa Dideteksi Test Pack?

Tentu pertanyaan ini biasa muncul dalam benak Anda ketika menstruasi tak kunjung datang dan kehamilan sedang diharapkan. Iyakan Bund?

Sebaiknya menggunakan testpack adalah pada usia seminggu atau dua minggu setelah telat menstruasi wanita, dalam jangka waktu tersebut diperkirakan kehamilan sudah lebih mudah untuk dideteksi dengan jelas oleh testpack. Bahkan beberapa wanita juga pernah mencoba 2-3 hari setelah telat menstruasi juga sudah ada tanda tanda kehamilannya namun sama seperti kehamilan 1 minggu, hasilnya masih samar samar. Perlu diketahui juga bahwa hasil positif dari testpack belum 100% bisa tepat/akurat positif hamil, karena penyakit misalnya, akan menaikkan kadar hCG dalam tubuh sehingga hasil testpack akan menganggap ini sebagai kehamilan dengan dua garis strep merah.

Jika memilih alat tes pack pastikan tanggal kadaluwarsa pada produk. Tespek yang telah kadaluwarsa akan mengurangi tingkat keakuratan untuk mendeteksi kehamilan.

Jenis, Serta Cara Menggunakan Test Pack yang Perlu Bunda Ketahui

Selain cara penggunaan tes pack, yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui jenis tes pack yang biasa atau bisa Anda dapatkan disupermarket atau apotik. Terdapat dua jenis test pack yang umum digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Berikut adalah kedua jenis test pack dan cara menggunakannya:

  • Test Pack Strip atau Dip stick. Alat tes kehamilan berupa strip plastik yang dapat direndam dalam sampel urine. Di salah satu ujung strip atau dip stick bertanda khusus akan berubah warna jika ditemukan hormon HCG dalam tubuh Anda, yang berarti Anda sedang hamil. Cara menggunakan test pack jenis ini adalah dengan memasukan urine ke dalam wadah, lalu celupkan strip tersebut ke dalam wadah dan tunggu 5 hingga 10 detik sampai strip menunjukkan warna atau simbol yang tertera.
  • Test Pack dengan Alat Strip dan Wadah Urine. Penggunaannya bisa dua cara, dengan meletakkan alat tes ke dalam wadah yang sudah terisi urine atau bisa juga dengan meneteskan 5 hingga 6 tetes urine Anda ke alat tersebut. Area pada alat tes akan berubah warna jika ditemukan hormon HCG yang berarti Anda hamil.

Nah, berikut hal-hal yang sebaiknya Bunda hindari sebelum menggunakan tes pack agar hasilnya akurat:

  1. Hindari melakukan tes terlalu cepat

Saat melakukan uji kehamilan menggunakan tespek tidaklah sembarangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tespack dapat mengetahui kehamilan dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan human chorionic gonadotropin (hCG) di dalam urin. HCG sendiri baru diproduksi 7 hingga 14 hari setelah pembuahan. Oleh karena itu Anda bisa mendeteksi kehamilan menggunakan tespek 1 minggu setelah waktu haid Anda harusnya tiba. Misal, jika Anda seharusnya mengalami haid tanggal 7 September, maka uji kehamilan menggunakan tespek pada tanggal 14 September.

  1. Terlalu cepat atau terburu-buru membaca hasil tespek

Seringkali karena terlalu senang tidak mengalami haid dan disangka hamil, maka seorang istri langsung melihat hasil ketika usai menggunakan tespek. Hal ini bisa mempengaruhi hasil. Karena biasanya ada beberapa alat yang membutuhkan beberapa menit untuk menunjukkan hasil yang benar.

  1. Terlalu lama membaca hasil tespek

Terkadang karena bosan menunggu, kadang tespek kemudian ditinggal untuk kemudian baru dilihat hasilnya. Hal ini juga mengakibatkan kesalahan hasil pada tespek.

  1. Tidak melakukan tes pada saat buang air kecil pertama kali

Jumlah atau konsentrasi urin dalam sehari bisa berbeda-beda. Hal ini karena kadar urin dapat dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Kadar urin ketika Anda kencing pertama kali merupakan urin yang mengandung kadar hCG paling tinggi, sehingga sangat baik untuk melakukan tes pack diwaktu ini.

  1. Tidak memeriksakan lebih lanjut

Mendapatkan hasil tespek negatif padahal tidak kunjung menstruasi? Anda harus segera menindak lanjuti hal ini dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk hasil yang jelas. Apakah benar Anda hamil atau ada gangguan kesehatan pada tubuh Anda.

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar

Berikut tips yang bisa Bunda lakukan agar mendapatkan hasil tes pack yang akurat:

  • Sebelum menggunakan atau melakukan tes pack, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya. Karna setiap alat tes pack memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda pula.
  • Pastikan saat akan melakukan tes pack kondisi tubuh Anda dalam kondisi prima atau sehat dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan atau mengkonsumsi vitamin dalam dosis tinggi.
  • Pada saat melakukan tes pack, ikutilah langkah-langkah pentunjuk penggunaannya satu demi satu tanpa melangkahi satu langkahpun. Ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan pembacaan pada tes pack.
  • Setiap wanita yang sedang hamil memiliki peningkatan kadar hormon HCG yang berbeda dalam tubuhnya. Jadi ketika Bunda melakukan tes pack pada minggu pertama haidnya telat dan hasilnya masih samar maka sebaiknya Bunda melakukan tes pack ulang pada hari kedua atau ketiga berikutnya untuk memastikan apakah Bunda hamil atau tidak.
  • Adakalanya Anda akan mengalami tanda atau gejala seperti sedang hamil tetapi hasil tes packnya malah negatif. Jika mengalami hal tersebut sebaiknya Bunda segera konsultasikan ke dokter kandungan untuk memastikan apakah Bunda sedang hamil atau tidak. Dan dalam masa ini pastikan Bunda menjaga pola makan dan pola tidurnya sehingga jika benar Bunda hamil maka janin yang ada dalam kandungan Bunda tidak kekurangan suatu apapun.

Mendeteksi kehamilan memang susah-susah gampang, sebaiknya anda tidak berdasar pada satu jenis cara saja dalam menentukan apakah sudah positif atau belum, perhatikan juga gejala gejala kehamilan yang lain, seperti morning sickness, ngidam, cepat lelah, dan lain sebagainya. Atau dengan mengkonsultasikan kehamilan anda pada dokter kandungan secara langsung agar mendapatkan keterangan lebih jelas mengenai kehamilan anda.

Sampaikan dengan jelas semua gejala yang anda alami dan rasakan sebelum dan sesudah berhubungan, karena hal ini akan lebih mempermudah dokter untuk mengetahui kehamilan anda. Semoga saja cara cepat hamil yang telah Anda lakukan dapat segera memberikan hasil memuaskan. Jika perlu lakukan USG untuk cek kepastian kehamilan dan juga mendeteksi kesehatan sang janin atau bahkan untuk mengetahui jenis kelamin janin yang anda kandung.

Semoga bermanfaat.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara.
Akhirnya SAYA HAMIL. Alhamdulillah.. Ini yang saya lakukan!. » LIHAT DI SINI «