Yang Perlu Diperhatikan Selama Masa Nifas?

Posted on

Setelah melalui masa persalinan, maka anda akan berada dalam masa nifas. Masa nifas merupakan kehidupan dan pengalamaan baru bagi anda yang baru melahirkan anak pertama. Masa nifas merupakan suatu proses bagi anda untuk bisa merawat bayi anda secara mandiri. Selain sebagai pembelajaran dalam merawat bayi anda juga perlu memperhatikan kebutuhan anda selama masa nifas, dan juga merupakan proses menyusui.

Pada masa-masa, ini tentu bukan suatu hal yang mudah bagi anda untuk menyesuaikan segala yang akan anda alami. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk bisa melewati masa nifas dengan baik. Selama masa nifas ibu akan mengalami beberapa perubahan dalam tubuhnya sebagai berikut:

  1. Rahim: secara berangsur-angsur menjadi kecil sehingga akhirnya kembali seperti sebelum hamil
  2. Luka-luka pada jalan lahir akan sembuh dalam 6-7 hari bila tidak disertai infeksi
  3. Rasa mules yang disebabkan oleh kontraksi rahim, biasanya berlangsung 2–3 hari setelah persalinan
  4. Keluarnya cairan yang berasal dari jalan lahir
  5. Ibu memulai tugas baru yaitu menyusui bayi

Hal-hal yang perlu anda perhatikan adalah:

  • Kebersihan diri

Menjaga kebersihan seluruh tubuh. Anda harus selalu membersihkan daerah kemaluan dengan sabun dan air. Seharusnya pada saat cebok membersihkannya dengan cara dari arah depan kebelakang untuk mencegah terjadinya infeksi pada kemaluan. Selalu mengganti pembalut sesering mungkin (setiap kali basah, kotor harus segera diganti). Cuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah membersihkan daerah kemaluan. Bila ada jahitan pada kemaluan tidak boleh disentuh-sentuh dan dijaga tetap dan bersih dan kering.

  • Kebersihan bayi

Kebersihan bayi sangat perlu untuk diperhatikan, yaitu memandkan bayi dengan menggunakan air hangat untuk menyesuaikan suhu tubuh bayi. Mengganti pakaian bayi tiap kali basah atau kotor. Menjaga daerah lipatan pada tubuh bayi agar selalu bersih dan kering. Menjaga tempat tidur selalu bersih dan hangat. Dan menjaga segala peralatan dan pakaian yang digunakan untuk bayi agar selalu terjag kebersihannya.

  • Istirahat

Istirahat yang cukup untuk mencegah kelelahan yang berlebihan. Untuk kembali kepada kegiatan-kegiatan rumah tangga  harus dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan. Manfaatkan waktu untuk istirahat pada saat bayi tidur karena kurang istirahat akan mempengaruhi produksi asi, proses pengecilan lahir dan memperbanyak perdarahan.

  • Gizi

Gizi yang diperlukan ibu menyusui, lebih besar dibandingkan pada saat hamil, oleh karena itu usahakan nutrisi yang anda konsumsi sehari-hari lebih ditingkatkan dari pada ketika anda hamil. Hal ini berkaitan pula dengan produk ASI yang akan anda berikan pada bayi anda.

  • Keluarga Berencana

Idealnya pasangan harus menunggu sekurang-kurangnya sebelum ibu hamil kembali. Setiap pasangan harus menentukan sendiri kapan dan bagaimana mereka ingin merencanakan keluarganya. Namun petugas kesehatan dapat membantu merencanakan keluarga Berencana dengan mengajarkan tentang mencegah kehamilan yang belum diinginkan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!