Yang Perlu Dilakukan untuk Pemulihan Rahim

Posted on

Setelah melalui proses melahirkan maka akan banyak terjadi perubahan yang cukup drastis pada tubuh seorang wanita. Tentu saja hal yang paling Nampak adalah perut yang semula mengembang cukup besar kini tampak mulai mengecil. Namun banyak juga wanita merasa tubuhnya masih seperti saat hamil meskipun sudah melahirkan. Memang butuh banyak waktu yang diperlukan tubuh untuk kembali menyesuaikan bentuk tubuhnya seperti kondisi semula sebelum hamil, dan perlu diingat bahwa 9 bulan kehamilan adalah waktu yang cukup lama, sehingga perlu beberapa bulan sejak melahirkan bagi tubuh untuk kembali ke bentuk semula.

Salah satu organ reproduksi yang sangat berpengaruh dan akan menjadi sangat berbeda adalah rahim. Selama kurang lebih 9 bulan, rahim menjadi besar dan setelah bayi lahir, maka besarnya pun hampir seperti saat tidak hamil. Hanya perlu beberapa hari saja rahim sudah akan menyusut denga cepat jika kontraksi baik. Berbeda dengan secara penglihatan, memang terkadang wanita masih Nampak seperti ibu hamil. Namun itu adalah lemak yang bersarang pada bagian perut, meskipun rahim sudah kembali mengecil, namun jika lemak dalam dinding perut banyak, maka ibu pasca melahirkan akan tetap seperti saat hamil, hanya berkurang sedikit saja perbedaannya.

Normalnya, sejak hari pertama melahirkan secara alami sampai waktu 40 hari, ibu akan mengalami periode masa nifas (perdarahan sisa-sisa dari proses persalinan). Masih berkaitan dengan itu, hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, selain ASI mulai keluar, ibu juga akan mengalami kontraksi-kontraksi kuat yang berdampak terhadap mengecilnya rahim kembali ke ukuran sebelum hamil. Ukuran rahim yang pada saat hamil besarnya cukup untuk kapasitas janin seberat 3-4 kg,  begitu melahirkan akan mengecil menjadi hanya sekitar 2 kepalan tangan laki-laki dewasa. Sekitar dua minggu kemudian, rahim akan mengecil lagi menjadi satu kepalan tangan hingga menjadi sebesar telur ayam sampai akhirnya tak lagi dapat teraba dari perut.

Pemulihan rahim meskipun terjadi secara alami, perlu diketahui bahwa pada kasus tertentu maka rahim tidak dapat berkontraksi dengan baik setelah melahirkan, sehingga bisa menyebabkan pendarahan pasca persalinan. Untuk membantu pemulihan rahim, maka yang paling awal dilakukan adalah menyusui bayi sedini mungkin setelah bayi lahir. Dan juga berikan pijatan secara berkala pada bagian perut, hal ini akan merangsang dan membantu rahim untuk berkontraksi dengan baik.

Pemulihan rahim juga didukung dengan gizi yang baik, kekurangan gizi bisa menyebabkan kontraksi rahim kurang efektif sehingga pembuluh-pembuluh darah yang putus saat proses persalinan akan lebih sulit untuk menutup, sehingga darah akan mengalir keluar melalui jalan lahir.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!