Waktu Maksimal penggunaan KB Suntik dan Pil

Posted on

Kontrasepsi berasal dari dua suku kata yaitu Kontra (mencegah atau melawan) dan Sepsi (pertemuan sel telur dan sel sperma), kata kontrasepsi sendiri lebih sering digunakan untuk sebuah cara pencegahan atau penundaan waktu kehamilan pasangan suami istri dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan alat atau cara yang digunakan untuk mencegah kehamilan itu ada beragam jenisnya, diantaranya adalah penggunaan KB suntik dan KB dalam bentuk pil, meskipun memiliki beragam cara dan bentuk, namun tujuan dari kontrasepsi tetaplah sama yaitu untuk mencegah terjadinya pembuahan sel sperma dan sel telur agar tidak terjadi kehamilan. Dalam perkembangannya, ternyata metode metode yang ada tidaklah semuanya aman jika tidak sesuai dengan aturan, biasanya karena berlebihan dalam pemakaian baik itu berupa waktu yang terlalu lama atau berupa dosis yang terlalu banyak.

  • Pil KB

Pil KB atau jenis kontrasepsi yang berbentuk oral merupakan bentuk sintetis dua hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh yaitu estrogen dan progesteron, karena kedua hormon inilah yang dapat mengatus siklus menstruasi pada wanita. Cara kerja Pil KB dapat dibagi menjadi dua

Waktu Maksimal penggunaan KB Suntik dan Pil

  • Menghentikan ovulasi dengan mencegah ovarium mengeluarkan sel telur
  • Mengentalkan cairan, cairan yang dimaksud adalah cairan mucus serviks sehingga akan dapat menghambat pergerakan sperma ke dalam rahim

Pil KB terkenal memiliki efektifitas yang tinggi untuk mencegah kehamilan, selain dapat mencegah Pil KB juga memiliki dampak positif yang lain seperti mengurangi resiko tumbuhnya kista rahim dan tumor payudara, juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan memperhalus kulit. Namun, dibalik semua manfaat itu ternyata Pil KB juga memiliki efek negatif seperti dapat meningkatkan trombosis atau pembekuan darah, trombosis di pembuluh darah akan sangat berbahaya bahkan sampai berakibat kematian karena dapat bermigrasi ke otak dan paru-paru yang akhirnya bisa menjadi embolisme paru dan stroke.

  • KB Suntik

Cara kerja dan fungsi dari KB suntik sama saja dengan Pil KB, namun dalam prakteknya berbeda, anda hanya akan diberikan suntikan hormon pencegah kehamilan dalam waktu 3 Bulan sekali. Meskipun memiliki jangka waktu yang lama keampuhan Suntikan ini sama saja dengan mengkonsumsi Pil KB yang masa konsumsinya hampir setiap hari.

Dari kedua kontrasepsi tersebut, keduanya memiliki resiko yang mungkin tidak akan anda duga sebelumnya, bahkan tidak menutup kemungkinan malah akan memperburuk keadaan, yang seharusnya anda hanya menunda namun karena penggunaan yang salah sehingga anda akan lebih sulit untuk memperoleh kehamilan atau tidak memperoleh kehamilan sama sekali. Konsultasikan dengan dokter kandungan kepercayaan anda mengenai pengkonsumsian Pil KB dan penggunaan KB suntik agar lebih aman.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!