Vitamin yang Diperlukan Ibu Hamil

Posted on

Vitamin merupakan nutrisi penting dalam mencukupi kebutuhan tubuh pada ibu hamil.  Dan diet yang sehat sebagian besar berasal dari sumber vitamin. Makanan yang sehat selama kehamilan adalah makanan yang mencakup semua gizi seimbang yaitu, karbohidrat yang terdapat pada nasi, kentang, umbi-umbian, roti dan lain sebagainya. Kemudian mencakup protein yang terdapat pada kacang-kacangan, telur, tahu, tempe, susu dan olahannya. Vitamin, dan berbagai macam vitamin kebanyakan bersumber dari sayuran segar dan buah-buahan. Nah vitamin apa sajakah yang diperlukan ibu hamil?

Fungsi vitamin dalam tubuh adalah membantu tubuh manusia untuk menjalankan fungsinya dengan normal, hal ini akan menjadi semakin penting saat dalam kondisi hamil. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil, harus bervariasi agar mendapatkan kebutuhan vitamin yang lengkap. Dengan demikian maka diharapkan akan mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janinnya.

Berikut adalah beberapa vitamin yang sangat diperlukan oleh ibu hamil:

  • Vitamin A dan betakaroten

Vitamin A dan betakaroten berperan dalam perkembangan tulang dan gigi. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A sangat jarang ditemukan pada bayi baru lahir dan ibu hamil. Artinya kebutuhan vitamin A pada ibu hamil dominan sudah terpenuhi. Vitamin A juga berfungsi untuk mendapatkan kesehatan reproduksi pada wanita, dan jarang akan jarang ditemukan masalah pada kehamilan pada ibu yang mengkonsumsi dengan cukup kebutuhan vitamin A. kekurangan vitamin A data mempengaruhi lambatnya pertumbuhan janin. Nutrisi ini terdapat pada susu, wortel, labu, melon, bayam, brokoli, sayuran berwarna kuning atau hijau.

  • Vitamin B1 dan B2

Vitamin B1 bermanfaat untuk mengatur energy dan mengatur system syaraf. Sumber dari vitamin B1 adalah sereal gandum, kacang merah, terong, tomat, bayam, jamur, jamur hijau, kacang-kacangan, telur dan jerohan.

Vitamin B2 berfungsi untuk mempertahankan kulit yang sehat, baik penglihatan dan tingkat kebutuhan energy. Vitamin ini sangat penting dalam kehamilan yang sehat karena untuk memastikan perkembangan organ reproduksi dan organ jaringan tubuh.

  • Vitamin B3 dan B6

Vitamin B3 juga sangat dibutuhkan pada masa kehamilan. Vitamin ini mengambil andil dalam pembentukan syaraf dan pencernaan, serta memelihara kesehatan kulit. Vitamin ini terdapat pada kacang-kacangan, beras merah, kentang, telur, sereal, dan sebagainya.

Vitamin B6 sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama pada kehamilan di usia muda ketika seorang ibu hamil sedang mengalami morning sickness atau mual muntah, membantu dalam membentuk sel darah merah, perkembangan otak, dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat diperoleh dari unggas, kacang kedelai, kacang polos, buncis, brokoli, biji-bijian, sereal, gandum dan lain sebagainya.

  • Vitamin B9 (asam folat) dan B12

Vitamin B9 atau yang lebih dikenal dengan sebutan asam folat sangat dibutuhkan pada masa-masa kehamilan, bahkan saat sebelum hamil. Karena kekurangan asam folat dapat mempengaruhi terhadap ibu dan janinnya. Asam folat terdapat pada buah papaya masak, pisang masak, alpukad, sayur brokoli, asparagus, gandum, susu, dan sebainya.

Vitamin B12 juga membantu dalam pembentukan syaraf janin yang belum lahir dan pembentukan sel darah. Jika kekurangan vitamin ini, maka dapat menyebabkan masalah pada ibu dan janinnya. Seperti cacat  cacat tabung syaraf pada bayi, dan bisa menyebabkan kelahiran premature. Vitamin ini dapat diperoleh dari produk hewani, seperti susu, yogurt, ikan tuna, unggas, dan daging sapi.

  • Vitamin C, D, E, dan K

Vitamin C dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dalam menyerap zat besi sebagai pencegahan anemia pada ibu hamil, juga bisa sebagai perlindungan dari kerusakan pada jaringan tubuh. Vitamin D membantu dalam pembentukan tulang dan gigi. Hal ini berarti membantu dalam penggunaan kalsium dan fosfor. Vitamin E dipercaya dalam membangun kekebalan tubuh, dan pelebaran pembuluh darah. Vitamin K dapat membantu mencegah perdarahanpada bayi baru lahir. Vitamin-vitamin tersebut banyak terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!