Usia Subur Wanita yang Baik untuk Program Hamil

Posted on

Untuk memperoleh keturunan, sepasang suami istri mestinya merencanakan terlebih dahulu sebagai persiapan fisik dan menthal untuk memperoleh kehamilan yang sehat, bahkan sejak sebelum pernikahan. Fisik manusia terdiri dari organ-organ tubuh yang sangat komplit, baik organ tubuh bagian luar maupun dalam. Dalam hal program hamil, organ tubuh yang berperan penting adalah organ reproduksi, baik pada pria maupun wanita. Pada pria perlu dinilai apakah kemampuan dalam berereksi untuk menghantarkansperma melalui saluran vagina, dan apakah kwalitas sperma memenuhi persyaratan untuk dapat membuahi sel telur atau tidak.

Sementara pada wanita perlu dinilai apakah sel telur matang mampu diproduksi tiap bulannya untuk siap dibuahi, bagaimana kondisi rahim, apakah sudah mampu dan siap untuk menjaga dan menerima janin yang akan menetap selama kurang lebih 9 bulan di rahimnya. Dengan demikian, maka dianjurkan hamil pada usia dimana kondisi rahim mendukung dalam pertumbuhan dan perkembngan janin nantinya.

Hal demikian bukanlah tanpa maksud, tetapi semua memang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sedini mungkin guna untuk memperoleh kehamilan yang ideal dan sehat. Nah, ada 4 point yang termasuk dalam  kehamilan yang kurang sehat atau perlu dipertimbangkan jika seseorang hendak hamil, 4 point tersebut mempunyai maksud yang sangat penting untuk diperhatikan bagi tiap pasangan, yaitu 4 TERLALU:

  1. TERLALU MUDA (usia kurang dari 20 tahun)
  2. TERLALU DEKAT (jarak kurang dari 3 tahun)
  3. TERLALU BANYAK (jumlah lebih dari 3)
  4. TERLALU TUA (usia lebih dari 35 tahun)

Dua dari 4 point tersebut secara jelas mengenai usia yang aman dalam, mempersiapkan kehamilan. Usia subur wanita yang baik untuk program hamil adalah 20 – 35 tahun. Namun apa sebenarnya yang mendasari bahwa usia 20 – 35 tahun merupakan usia yang ideal untuk melakukan program hamil? Pada wanita usia dibawah 20 tahun, kondisi rahim belum cukup kuat untuk menerima kehamilan. Karena kehamilan merupakan hal yang membutuhkan kondisi fisik yang cukup kuat. Sementara di usia 19 tahun ke bawah kondisi rahim wanita masih belum cukup kuat, sehingga jika kehamilan terjadi pada usia tersebut, memiliki resiko perdarahan bahkan keguguran.

Demikian pula dengan usia diatas 35 tahun, kondisi rahim yang sudah mulai melemah. Kekuatan otot-otot sebagai penopang rahim kehilangan kekuatannya ketika wanita memasuki usia 36 tahun. Maka sama halnya seperti saat usia dibawah 20 tahun. Kehamilan akan memiliki resiko perdarahan, keguguran, dan ditambah lagi resiko terjadinya pre-Ekslamsi dan Ekslamsi pada akhir kehamilan.

Dengan demikian, maka usia wanita yang ideal dan aman untuk program hamil adalah usia 20 – 35 tahun. Dengan alasan, kondisi rahim yang siap dan kuat untuk menjaga janin saat kehamilan adalah pada saat wanita berusia 20 – 35 tahun.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!