Tips Menghindari Kelahiran Bayi dengan Berat Badan Rendah

Posted on

Tahukan anda berapa berat badan bayi yang normal dan ideal saat kelahiran, secara klinis berat badan bayi yang normal adalah yang memiliki berat berkisar antara 2500 gram sampai 4000 gram. Mungkin tidak sedikit para ibu yang bangga ketika melahirkan bayi yang memiliki bobot lebih dari 4000 gram. Sebenarnya bobot bayi yang berlebihan juga tidak berakibat baik pada sang bayi sendiri.

Dengan beberapa sebab, seorang bayi dapat terlahir dengan berat badan di bawah ataupun lebih tinggi dari berat badan bayi pada normalnya. Sedang untuk resiko, memiliki bayi dengan berat badan di bawah standar akan lebih memiliki resiko buruk (bahkan sampai pada kematian) jika dibandingkan dengan bayi yang memiliki berat badan berlebih. Apa penyebab dari kedua masalah tersebut? Berikut sedikit penjelasannya.

  • Bayi berat lahir rendah (BBLR)

Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah kebanyakan disebabkan karena keadaan orang tua dari sang bayi, masalah ekonomi adalah yang paling sering terjadi, karena tidak adanya pemenuhan nutrisi dan makanan yang cukup saat kehamilan sehingga bayi akan terlahir dengan berat badan yang rendah. Selain itu beberapa sebab yang lain yaitu karena usia dari sang ibu yang masih tergolong muda, jarak kelahiran yang pendek, kurangnya asupan gizi dan jarang melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mencegah dan mengantisipasi bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah

Tips Menghindari Kelahiran Bayi dengan Berat Badan Rendah

  • Bayi berat lahir besar (BBLB)

Pada umumnya karena sang ibu yang menderita penyakit diabetes militus atau karena sang ibu yang memang sudah mengalami obesitas/kegemukan berlebih sehingga sang janin pun akan terlahir dengan berat badan yang besar. Penyebab lainnya adalah karena adanya faktor genetik yang mempengaruhi keadaan janin.

Sebagai sebuah bentuk tindakan pencegahannya agar bayi anda terlahir dengan berat badan yang normal anda bisa melakukan pemeriksaan rutin ke dokter guna mengetahui kondisi janin terkini, mengetahui apa yang sedang dibutuhkan sang janin atau apa yang tidak dibutuhkan sang ibu untuk janin. Jika perlu pemeriksaan ini dilakukan secara berkala dan rutin anda jalani agar memperoleh kelahiran bayi yang normal.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!