Tingkat Keganasan pada Penyakit Kanker Serviks

Posted on

Kanker serviks adalah salah satu jenis keganasan yang lokasinya terletak di daerah serviks, daerah leher rahim atau mulut rahim wanita. Kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh dan berkembang pada serviks atau mulut rahim, khususnya berasal dari lapisan epitel atau lapisan terluar permukaan serviks. Kanker serviks termasuk dalam kategori tumor ganas yang timbul di leher rahim wanita. Kanker ini dapat meluas ke vagina, rahim hingga indung telur.

Kanker ini merupakan kanker yang sangat menjadi momok bagi kaum wanita karena kanker ini dapat menimbulkan resiko kematian. Dan kanker ini sudah tercatat menjadi penyakit pembunuh wanita  No.1 di Indonesia.

Kanker servik tidak serta merta hanya menyerang pada serviks saja. Karena sama seperti kanker pada umumnya kanker servik terjadi berawal dari infeksi organ-organ luar servik lalu menyerang servik dan kemudian juga bisa menyerang organ lain disekitarnya bila telah mencapai stadium yang tinggi.

Stadium adalah istilah yang digunakan oleh ahli medis untuk menggambarkan ukuran kanker serta sejauh mana kanker tersebut telah menyebar dan menyerang jaringan di sekitarnya. Penetapan stadium ini merupakan upaya hati-hati guna mengetahui dan memilih perawatan yang terbaik untuk mengobati penyakit bersangkutan.

Ditiap stadium tersebut memiliki tingkat keganasan sendiri-sendiri dan biasanya semakin besar angka stadiumnya menandakan semakin parah pula kanker serviks tersebut. Dan kanker ini dimulai dari stadium 0 – IV.

Berikut klasifikasi stadium kanker servik:

  • Stadium 0: sel kanker menyerang pada lapisan atas seviks, atau hanya disebut dengan istilah karsinoma, sel-sel abnormal terdapat pada lapisan serviks saja.
  • Stadium I: sel kanker menyerang masih sebatas serviks dan ukuran < 3 mm. Stadium I adalah stadium paling awal, tidak menunjukkan gejala apapun pada penderita. Seseorang bisa mengetahui bahwa ia menderita kanker serviks stadium I adalah melalui pemeriksaan dini/ skrining menggunakan PAP Smear & IVA.
  • Stadium II: sel kanker telah menyebar ke bagian atas vagina namun belum menyentuh dinding panggul. Merupakan stadium kelanjutan dari kanker serviks, pada saat ini biasanya seseorang sudah mengeluhkan adanya flek-flek kemerahan terus menerus diluar siklus menstruasi normal dan keluar darah saat melakukan hubungan.
  • Stadium III: sel kanker telah menyebar ke bagian bawah vagina dan dinding panggul. Merupakan stadium kelanjutan dari stadium II. Disini kanker sudah menyebar ke liang vagina bahkan ke bagian rahim hingga dinding perut, pasien biasanya sudah mengeluhkan adanya rasa keras dan menonjol pada perut disertai dengan perdarahan terus menerus seperti menstruasi.
  • Stadium IV: sel kanker telah menyerang ke kelenjar getah bening dan organ sekitar servik hingga bisa mencapai tulang dan paru. Stadium IV ini adalah stadium akhir dimana sel kanker sudah menyebar kemana-mana termasuk ke dinding perut, usus, paru-paru dan tempat lain yang jauh. Pada stadium ini seluruh organ sudah terkena dan biasanya seseorang tersebut sudah sangat terlambat sekali untuk bisa diobati apalagi disembuhkan. Derajat bertahan hidupnya pun kecil sekali.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!