Terapi PLI untuk yang Susah Punya Anak

Posted on

PLI (Paternal Leukocyte Immunization) yang dikenal juga dengan Imunisasi Leukosit Suami adalah terapi yang diberikan pada wanita yang memiliki antibodi sperma yang berlebih. Jadi melalui terapi ini, diharapkan antibodi sperma tersebut bisa menurun.

Ada beberapa hal yang dapat menghambat  Anda dan suami memiliki momongan. Salah satunya adalah karena Anda memiliki antibodi sperma yang berlebih. Jika ini terjadi, maka Anda dapat memilih terapi PLI (Paternal Leukocyte Immunization).

Terapi Agar Cepat Punya Anak

Setiap wanita yang telah melakukan hubungan intim dengan suaminya memang memiliki antibodi terhadap sperma. Namun terkadang pada sebagian wanita, antibodi ini bereaksi secara berlebihan. Bahaya dari reaksi antibodi yang berlebihan ini adalah menghalangi terjadinya pembuahan dan kehamilan. Antibodi berlebihan akan menyulitkan sperma sampai ke sel telur karena menolak dan menjadikan sperma tidak berfungsi lagi.

Dr. Indra G Mansur,DHES, Sp.And dari Klinik Imunologi & Kesehatan Reproduksi Sayyidah, Pondok Kelapa, menjelaskan bahwa ini sama halnya dengan orang yang memiliki alergi. Alergi yang dimiliki tiap orang bisa saja berbeda, ada yang alergi makanan, alergi udara malam, dll. Ini karena setiap orang memiliki respon berbeda terhadap sesuatu hal. Begitu pula pada wanita, setiap wanita memiliki respon yang berbeda terhadap protein pada sperma. Wanita yang memiliki antibodi sperma tinggi akan memberikan reaksi berlebih pada protein dalam sperma, sehingga protein ditolak dan sperma menjadi tidak berfungsi.

Terapi PLI dilakukan minimal 3 kali dengan jarak 3 minggu dengan cara menyuntikkan sel darah putih suami di bagian bawah kulit Anda. Ini dilakukan dengan tujuan untuk menurunkan antibodi sperma Anda sehingga memungkinkan terjadinya pembuahan. Setelah terapi, lakukanlah uji imunoandrologi. Jika hasilnya telah mencapai batas normal, maka Anda tidak perlu melakukan terapi kembali. Tapi jika belum, lakukanlah terapi ulang hingga mencapai batas normal.

Berikut beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk dapat melakukan terapi PLI menurut dr. Indra:

  1. Antibodi sperma istri berlebihan.
  2. Suami dalam keadaan sehat. Hasil tes darah suami harus menunjukkan bahwa suami bebas dari penyakit menular seperti HIV, Hepatitis, dll.
  3. Untuk Anda yang memiliki alergi (misal alergi makanan laut), maka jangan melakukan terapi pada saat alergi kambuh karena dapat menimbulkan reaksi yang berlebihan.

dr. Indra yang juga praktik di Klinik Sam Marie, Kebayoran Baru Jakarta menambahkan, “dengan terapi PLI, peluang penurunan antibodi bisa mencapai 95 persen. Tapi untuk peluang kehamilan, ya bergantung pada kondisi tubuh masing-masing. Kehamilan kan dipengaruhi banyak faktor. Jika penghalangnya adalah antibodi sperma yang tinggi, maka bisa jadi setelah terapi PLI, Anda akan segera hamil.”

Terapi PLI merupakan alternatif baru untuk pasangan yang susah punya anak karena antibodi sperma berlebih. Dulu sebelum terapi ini, ada dua cara yang biasa digunakan, yaitu dengan penggunaan kondom dan  obat imunosupressor. Namun kedua cara ini dinilai kurang efektif.

Penggunaan kondom akan menurunkan antibodi sperma dengan sendirinya, dengan membatasi paparan sperma. Namun cara ini dinilai kurang efektif karena membutuhkan waktu yang lama, yakni 6 bulan hingga 1 tahun.

Cara lain adalah dengan penggunaan obat imunosupressor. Namun cara ini juga dianggap kurang efektif karena dapat menurunkan semua antibodi yang ada dalam tubuh Anda, bukan hanya antibodi sperma.  Akibatnya Anda akan mudah diserang penyakit dan juga berpengaruh terhadap sumsum tulang belakang Anda. Sehingga dapat menyebabkan lambatnya peremajaan darah, memicu osteoporosis, resiko penyakit diabetes, dll.

dr. Indra menyatakan bahwa itulah sebabnya diciptakan alternatif berupa terapi PLI. Terapi PLI hanya menurunkan antibodi sperma saja, tidak antibodi yang lain. Jadi bukan supresi (ditekan) tapi toleransi. PLI membuat toleransi terhadap sperma lebih bagus.

Menurut Dr Indra, hingga saat ini terapi PLI hanya tersedia di Jakarta, antara lain di Klinik Imunologi & Kesehatan Reproduksi Sayyidah Pondok Kelapa, Klinik Sam Marie Kebayoran Baru dan Pondok Bambu, Klinik Budhi Jaya Tebet, RS Permata Cibubur.

Thanks telah membaca artikel tentang Terapi Agar Cepat Punya Anak. Baca juga artikel lain di blog ini, diantaranya tentang Penyebab Keguguran dan Panduan Hamil Lengkap. Semoga bermanfaat.

 

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!