Tanda-Tanda Pendarahan Pasca Melahirkan

Posted on

Setelah proses melahirkan usai, bukan berarti sudah selamanya kondisi ibu akan aman. Pasca persalinan, ibu masih harus selalu dipantau hingga ibu dinyatakanbenar-benar sudah aman. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya perdarahan pasca persalinan. Setiap wanita yang akan melahirkan perlu mengetahui akan hal ini. Karena jika timbul tanda-tanda pendarahan pasca persalinan, bisa mendeteksi lebih dini, sehingga bisa segera dilaporkan dan segera ditangani.

Pendarahan pasca persalinan adalah kondisi dimana ibu mengalami pendarahan dalam 24 jam setelah ia melahirkan bayinya. Ibu yang mengalami pendarahan ini biasanya kehilangan volume darah melebihi angka 500 mililiter. Perdarahan pasca persalinan ini agak susah untuk dideterminasi jumlah darah yang telah hilang sebab biasanya bercampur dengan air ketuban, telah menyerap pada pakaian juga alas kain tidur ibu. Gejala pendarahan ini bisa dideteksi dari keluhan ibu yang merasa lemah, pucat, keringat dingin dan berlebihan, menggigil, dan lain-lain. Pendarahan pasca persalinan ini patut diperhatikan secara serius sebab merupakan salah satu penyebabutama kematian ibu setelah melahirkan.

Tanda-tanda perdarahan setelah persalinan yang dapat anda waspadai adalah jika perdarahan berlangsung terus, kehilangan darah tersebut terjadi melalui jalan lahir, terjadi selama atau setelah persalinan pada kala III, baik sebelum plasenta lahir maupun setelah plasenta telah lahir. Kondisi ini  pada akhirnya bisa timbul syok. Pada persalinan di rumah sakit, dengan fasilitas yang baik untuk dapat segera dilakukan transfusi darah, seharusnya kematian akibat perdarahan pascapersalinan dapat dicegah. Tetapi kematian tidak dapat dihindarkan, terutama apabila penderita masuk rumah sakit dalam keadaan syok karena sudah kehilangan banyak darah.

Perdarahan pascapersalinan ada kalanya merupakan perdarahan yang hebat dan menakutkan hingga dalam waktu singkat ibu dapat jatuh kedalam keadaan syok. Atau dapat berupa perdarahan yang menetes perlahan-lahan tetapi terus menerus yang juga bahaya karena kita tidak menyangka akhirnya perdarahan berjumlah banyak, ibu menjadi lemas dan juga jatuh dalam pre-syok dan syok. Karena itu, adalah penting sekali pada setiap ibu yang bersalin dilakukan pengukuran kadar darah secara rutin, serta pengawasan tekanan darah, nadi, pernafasan ibu, dan periksa juga kontraksi uterus perdarahan selama 1 jam.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!