Tanda-Tanda Ketika Kesehatan Bayi Anda Terganggu

Posted on

Salah satu kesulitan dalam perawatan bayi adalah mengetahui apakah bayi Anda sehat atau tidak. Bayi tidak dapat memberi tahu kita apa yang mereka rasakan, jadi kita harus mengandalkan pada reaksi tubuh mereka. Bayi yang berusia di bawah 6 bulan tidak dapat menunjukkan bahwa dirinya sedang berada dalam kondisi tidak sehat. Oleh karena itu, Anda harus lebih peka terhadap kondisi tertentu pada bayi yang mungkin dapat menandakan gejala suatu penyakit.

Tetapi bayi akan memberikan tanda-tanda bila kesehatan bayi terganggu.Tanda-tanda itu dapat sangat nyata atau kurang nyata. Demam/dingin, muntah, dan biduran adalah beberapa di antara tanda yang nyata. Tanda yang kurang nyata antara lain menjadi pasif atau rewel, tidak tertarik dengan apa yang terjadi di sekelilingnya, kurang selera makan, atau tidak buang air besar dalam beberapa hari.

Untuk menandai bahwa bayi anda mengalami sakit atau kesehatan yang terganggu maka, anda bisa memperhatikan hal berikut ini:

  • Bayi anda rewel

Jika bayi anda selalu menangis atau rewel/ cengeng meskipun telah anda gendong, elus-elus dan sebagainya namun masih tetap rewel, anda perlu curiga bahwa ada bagian tubuhnya yang sakit. Jika anda tidak menemukan cara untuk mengatasinya, sebaiknya segera periksakan kepada bidan atau dokter anak untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Mata tampak lebih cekung

Pada saat kondisi tubuh bayi anda sedang terganggu kesehatannya, maka bisa pula anda perhatikan mata bayi anda. Jika dalam kondisi tidak sehat, maka biasanya pada bagian mata akan tampak lebih cekung, dan penglihatan juga tampak sayu.

  • Suhu tubuh tidak stabil

Pengukuran suhu tubuh diperlukan untuk mengetahui suhu tubuh bayi anda. Jika melalui perabaan anda curiga suhu tubuhnya meningkat, sebaiknya segera ukur suhu tubuhnya menggunakan alat ukur suhu tubuh atau thermometer. Suhu tubuh yang tinggi (lebih ddari 37,5 derajat celcius menandakan bayi anda lagi demam, sebaiknya segera kompres dengan air dingin. Jika suhu tubuhnya rendah (dibawah 36,5 derajat celcius, maka anda perlu memberikan pakaian yang lebih hangat.

  • Tidak memberikan respon saat diberikan stimulasi atau perubahan mood

Nah, hal inipun perlu anda perhatikan, apakah bayi anda ketika tidak memberikan repon, bisa karena ia bosan dan bisa juga karena memang kondisi tubuhnya yang kurang fit, sehingga tidak bersemangat.

  • BAB dan BAK menjadi tidak lancar

BAB dan BAK sebagai tanda fungsi dari organ pencernaan dan makanan atau nutrisi yang diperoleh bayi anda. Bayi yang sehat akan BAB maksimal 3 kali dalam sehari dan BAK kurang lebih sebanyak 10 kali popok bayi anda perlu diganti karena basah.

  • Muntah

Jika bayi anda muntah-muntah, maka menjadi tanda bahwa kemungkinan ada gangguan pencernaan, terutama pada lambung atau karena perasaannya yang tidak nyaman. Sebaiknya segera periksakan bayi anda jika muntah lebih dari 3 kali.

  • Kulit bayi menjadi berwarna kekuningan

Warna kulit bayi yang sehat adalah semu kemerahan, namun tergantung juga dengan jenis kulit orang tuanya. Namun perubahan warna kulit bayi menjadi semu-semu kekuningan, kondisi ini biasanya muncul pada bayi yang baru lahir dan menandakan liver bayi tidak berfungsi dengan baik.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!