Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Posted on

Tubuh kita terdiri dari sel-sel yang selalu tumbuh. Kadang-kadang pertumbuhan tersebut tidak terkontrol dan membentuk suatu gumpalan. Jika di suatu posisi dari tubuh kita terdapat pertumbuhan sel-sel yang berlebihan, maka akan terjadi suatu benjolan atau tumor. Tumor ini dapat berupa jinak dan dapat pula ganas. Tumor yang ganas inilah yang disebut kanker. kanker mempunyai sifat yang khas, yaitu dapat menyebarluas ke bagian lain di seluruh tubuh untuk berkembang menjadi tumor yang baru.

Payudara merupakan aset wanita yang sangat berharga. Jika terdapat benjolan pada payudaranya, pasti akan sangat mengkhawatirkan bagi wanita itu. Setiap benjolan di payudara tentu menimbulkan banyak kekhawatiran, diantaranya kemungkinan adanya kanker payudara. Kanker payudara merupakan jenis yang umum terjadi pada wanita. Kanker payudara adalah tumor ganas yang bermula dari munculnya sel-sel payudara.

Beberapa bagian payudara bisa mengalami perubahan-perubahan berupa gejala-gejala tertentu. Dua jenis perubahan yang utama adalah kondisi perubahan payudara yang jinak atau non kanker dan kanker payudara. Perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara bisa disebabkan oleh kondisi yang jinak dan bisa juga berupa kanker. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mempelajari bahwa lingkungan dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara.

Tanda paling umum dari kondisi kanker payudara adalah adanya sebuah benjolan atau massa baru. Benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa nyeri, keras, dan mempunyai sisi-sisi yang tidak teratur, maka kemungkinan benjolan tersebut ada kanker. Namun, kanker payudara berbentuk lunak, lembut atau bulat. Oleh karena itu maka sangatlah penting jika beberapa massa atau benjolan baru, atau perubahan payudara diperiksa oleh para professional perawatan kesehatan dengan pengalaman dalam mendiagnosa penyakit payudara.

Tanda-tanda kanker payudara, lainnya adalah sebagai berikut:

  • Membengkak pada semua atau sebagian payudara (meskipun tidak ada benjolan yang terasa)
  • Iritasi kulit atau membentuk lesung,
  • Rasa nyeri ada payudara atau putting
  • Bagian putting payudara melesak ke dalam,
  • Kemerahan, bersisik, atau menebal ada kulit putting atau payudara, dan
  • Kotoran atau cairan yang keluar dari putting, selain ASI.

Kadang kala, kanker payudara bisa menyebar pada simpul-simpul limfe daerah ketiak dan menyebabkan sebuah benjolan  atau pembengkakan di daerah ketiak, meski sebelumnya tumor aslinya terdapat pada jaringan payudara cukup besar dirasakan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!