Susu untuk Persiapan Kehamilan yang Baik

Posted on

Susu Cepat Hamil. Dalam mempersiapkan kehamilan seseorang tentu harus mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, daging ikan, termasuk susu. Susu yang paling banyak digunakan adalah susu sapi. Susu ini memiliki berbagai macam kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan, apalagi untuk calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan atau yang sedang menjalani program kehamilan.

Kandungan Nutrisi dalam Susu Sapi

Ketika seseorang sedang mempersiapkan kehamilan, berbagai nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, protein, mineral, dan sebagainya harus didapatkan dengan baik karena secara tidak langsung nutrisi-nutrisi ini dapat membantu kinerja hormon, meningkatkan produktivitas sel telur atau sel sperma, menjaga kesehatan organ reproduksi, sehingga dapat meningkatkan kesuburan seseorang.

Susu sapi mengandung berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat, protein, mineral, dan sebagainya yang baik untuk tubuh. Dalam segelas susu sapi segar, terdapat kandungan protein sebanyak 16 persen dari kebutuhannya. Jadi, jika Anda mengkonsumsi susu sebanyak 2 gelas perhari, ini cukup untuk memenuhi 32 % kebutuhan protein Anda. Sisanya bisa Anda dapatkan dari makanan lain seperti daging, ikan, telur, atau kacang-kacangan.

Selain protein, dalam segelas susu juga terdapat sekitar 12 gram karbohidrat yang dapat menghasilkan sekitar 165 kkal energi. Kebutuhan energi setiap orang berbeda-beda tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Tapi, menurut AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk orang Indonesia dibutuhkan sekitar 8,25% energy untuk melakukan berbagai aktivitas. Nah, untuk memenuhinya Anda akan mendapatkan karbohidrat dari makanan-makanan seperti mie, nasi, roti, ubi, singkong, kentang, dan sebagainya.

Kandungan lemak juga terdapat dalam susu sapi. Manusia biasanya memerlukan lemak sekitar 55 gram. Dalam segelas susu terkandung lemak sekitar 9,75 gram. Ini berarti jika Anda meminum dua gelas susu setiap hari, kebutuhan lemak yang Anda peroleh dari susu ini sekitar 34%.

Susu untuk Persiapan Kehamilan

Dalam susu juga terkandung vitamin dan mineral yang lengkap. Vitamin yang terkandung dalam susu antara lain vitamin A, E, D, B, dan vitamin C. Sedangkan mineral yang terkandung dalam susu yaitu kalsium. Kalsium ini sangat penting untuk pertumbuhan. Segelas susu mengandung kalsium sekitar 287,5 mg. Jadi, ketika Anda meminum dua gelas susu setiap hari, kebutuhan kalsium Anda sudah tercukupi sekitar 80%. Sisanya bisa Anda dapatkan dari makanan lain seperti brokoli, keju, dan sebagainya.

Pentingnya Susu untuk Persiapan Kehamilan

Saat ini banyak susu untuk menyiapkan kehamilan yang dijual di pasaran. Susu ini diformulasikan khusus untuk mempersiapkan kehamilan agar ibu yang berencana hamil dapat memperoleh gizi yang baik. Namun, nutrisi ni tidak hanya dibutuhkan untuk calon ibu saja, tapi juga pasangannya.

Hal ini karena kualitas janin yang baik akan diperoleh jika sel telur dan sel spermanya baik juga. Nah, agar sel telur dan sel sperma selalu ada dalam keadaan baik, kesehatan tubuh khususnya kesehatan organ reproduksi haruslah ada dalam keadaan yang sehat. Oleh karena itu, makan makanan dan minuman yang bergizi dipercaya dapat meningkatkan kesuburan dan mempercepat kehamilan.

Susu memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kalsium ini dapat memberikan energi untuk sperma bisa berenang menuju sel telur.  Selain itu, kalsium juga bisa membantu sel sperna untuk menembus dinding sel telur. Jika komponen kalsium yang terletak di ujung sperma bagian depan ini kurang, sperma akan kesulitan untuk menembus sel telur. Saat sel sperma ini sudah masuk ke dalam sel telur, kalsium ini akan menciptakan sebuah getaran sehingga sel telur akan terangsang untuk melakukan pembuahan.

Bagi wanita hamil sendiri, jika kalsium tidak didapatkan dengan optimal akan menimbulkan beberapa komplikasi yang serius pada kehamilannya. Risiko yang ditimbulkan antara lain kelahiran prematur, kematian janin dalam kandungan, placenta pecah, dan sebagainya. Selain itu, jika si ibu mengalami kekurangan kalsium, hal ini akan berdampak pada perkembangan janin yang ada dalam kandungannya. Pertumbuhan tulang janin bisa terhambat dan dapat menyebabkan adanya kelainan tulang pada janin.

Itulah sebabnya mengapa wanita hamil sangat dianjurkan untuk meminum susu khusus untuk bu hamil. Apalagi jika ibu hamil tersebut berusia kurang dari 20 tahun. Mereka umumnya lebih rentan terhadap komplikasi tersebut daripada wanita yang berusia di atas 20 tahun.

Selain susu untuk persiapan kehamilan, kalsium ini juga bisa Anda dapatkan dari keju, sayuran hijau, yoghurt, daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur.

Kandungan Susu yang Baik untuk Persiapan Kehamilan

Seperti yang sudah diketahui bersama, susu banyak mengandung protein, kalsium, lemak, vitamin dan mineral. Lalu kandungan susu apa saja yang baik untuk mempersiapkan kehamilan? Ini jawabannya.

  • Protein

Protein ini dibutuhkan sebagai nutrisi pembentuk jaringan tubuh janin, misalnya otot, tulang dan syaraf. Protein juga berguna dalam pembentukan darah dan air ketuban, serta antibody untuk ibu dan janin. Selain itu, protein dalam susu juga berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit ibu dan janin. Oleh karena itu, protein sangat diperlukan dalam persiapan kehamilan. Ibu yang sedang hamil memerlukan setidaknya 60 gr protein setiap harinya.

  • Kalsium

Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang pada janin dan gigi pada bayi yang sudah lahir. Kalsium juga diperlukan untuk kelancaran air susu ibu (ASI) sehingga kebutuhan ASI bayi bisa terpenuhi dengan maksimal. Ibu hamil akan membutuhkan sekitar 1000 mg kalsium setiap hari. Selain dari susu, kalsium juga bisa diperoleh dari brokoli, quinoa, jeruk, oatmeal, keju, sayuran hijau, dan sebagainya.

  • Vitamin D

Dalam susu juga terkandung beberapa vitamin, salah satunya vitamin D. Vitamin D ini diperlukan untuk pembentukan tulang janin serta jaringan sel-sel pada janin. Selain dari susu, vitamin D dapat diperoleh juga dari telur, sawi, ikan sarden, ikan tongkol, dan sebagainya.

Sebenarnya masih banyak kandungan susu yang baik untuk persiapan kehamilan. Dalam memilih susu yang baik untuk persiapan kehamilan, sebaiknya Anda pilih susu yang berkualitas tinggi. Pilihlah susu segar dan perhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti protein, vitamin, mineral, dan asam folatnya. Asam folat ini sangat diperlukan bagi janin untuk pembentukan jaringan syaraf. Bayi yang kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan perkembangan seperti gangguan perilaku atau kemampuan berbahasa. Asam folat juga bisa mencegah bayi lahir prematur dan kecacatan pada janin.

Mengingat betapa pentingnya nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya, mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat mutlak perlu dilakukan. Selain kesehatan jabang bayi akan terjamin, kesehatan ibunya juga akan selalu terjaga.

Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi ibu hamil terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam makan sehingga pola makannya tidak teratur. Susu khusus ibu hamil yang sekarang banyak tersedia diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan persiapan kehamilan. Ya, dalam mempersiapkan kehamilan, Anda disarankan untuk mengkonsumsi susu ibu hamil agar saat awal-awal kehamilan nutrisi untuk jabang bayi bisa tercukupi.

Itulah informasi tentang pentingnya susu untuk persiapan kehamilan, semoga bermanfaat. Baca juga tentang makanan penyubur agar cepat hamil dan Cara menghitung masa subur wanita

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!