Sering Buang Air Kecil Saat Hamil, Wajar Tidak ya?

Posted on

Saat hamil merupakan saat-saat yang menyebabkan banyak kelainan-kelainan yang akan dialami oleh ibu hamil. Sangat banyak keluhan-keluhan yang diutarakan oleh sebagian besar ibu hamil. Keluhan-keluhan yang sering dialami adalah nyeri perut bagian bawah, keram, sakit pada payudara, sakit kepala, dan lain sebagainya. Termasuk pula yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah sering buag air kecil, karena harus bolak balik ke toilet. Sering pula ibu hamil mencemaskan kondisi mereka, jika harus bolak balik ke toilet untuk buang air kecil. Karena kondisi tersebut, maka banyak diantara ibu hamil yang khawatir terhadap kondisinya. Nah, jika ibu hamil mengalami sering buang air kecil, apakah kondisi tersebut bisa berdampak buruk terhadap kehamilannya?

Saat seorang ibu sedang hamil, maka bisa dipastikan bahwa banyak perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuhnya, baik dari segi fisik maupun psikis. Perubahan pada rahim ibu yang sedang hamil, tentu akan mengganggu organ-organ dalam tubuh yang ada di sekitarnya. Dan yang paling dekat dengan posisi rahim adalah kandung kemih atau kandung kencing. Kandung kencing yang berada pada posisi bagian bawah rahim merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai penampung air seni ata urin sebelum kemudian dikeluarkan melalui saluran uretra.

Apakah ini merupakan sesuatu yang wajar?

Ketika rahim membesar, maka kondisi kandung kemih pun akan tertekan, sehingga sangat mungkin ibu hamil akan lebih sering buang air kecil. Maka hal ini sangatlah wajar, karena penyebabnya merupakan kondisi alamiah yang terjadi akibat kehamilan itu sendiri.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan ketika mengalami sering buang air kecil:

  • Hindari mengkonsumsi minuman yg merangsang produksi urin meningkat. Misalnya yang mengandung cafein, yaitu the atau kopi.
  • Lakukan aktivitas fisik seperti olahraga ringan dipagi hari atau senam hamil, hal ini bisa mengurangi beban tekanan rahim terhadap kandung kemih.
  • Lakukan latihan kegel, yaitu dengan cara melakukan latihan pada daerah vagina dengan melakukan seolah-olah seperti saat menahan kencing. Lakukan sekurang-kurangnya sebanyak 15 kali dalam sehari. Hal ini bisa membantu menguatkan otot-otot di sekitarnya. Hal ini dilakukan untuk dapat mengontrol mengatasi rasa sering  buang air kecil.
  • Tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti biasanya, perbanyak di pagi dan siang hari, kemudian kurangi saat malam hari.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!