Robekan pada Jalan Lahir

Posted on

Ibu yang bersalin secara normal, beberapa ada yang tidak mengalami robekan pada jalan lahir karena jalan lahirnya cukup elastis ketika dilalui bayi saat proses persalinan. Namun ada ibu yang memerlukan bantuan dokter maupun bidan untuk memperlebar jalan lahir dengan dilakukan pengguntingan jaringan di daerah perineum yakni jaringan otot  kerampang antara dubur dan vagina. Pengguntingan jaringan otot perineum ini disebut tindakan episiotomi. Namun sebagan wanita juga mengalami robekan dengan sendirinya tanpa dilakukan episiotomy.

Selama proses persalinan berlangsung tentu saja, vagina mendapatkan tugas yang berat sebagai pintu bagi keluarnya bayi dengan rata-rata berat badan 2,5-4 Kg. Bagi yang elastis atau telah berulangkali menjalani proses melahirkan normal, mungkin kondisi ini telah menjadi hal yang biasa dan tentu menjadi lebih elastic, sehingga tidak sampai mengalami robekan atau episiotomy, namun tidak sedikit pula ibu memerlukan bantuan bidan atau dokter untuk memperlebar jalan lahir dengan cara menggunting di area perineum.

Melahirkan bayi dengan berat lahir besar akan menimbulkan luka yang lebih buruk dan perlu pemulihan lebih lama. Sedangkan jika melahirkan bayi dengan berat lahir kecil, lukanya lebih mudah disembuhkan karena perineum tetap utuh.

Akibat terjadinya luka pada daerah jalan lahir setelah melahirkan, maka biasanya akan timbul rasa nyeri, rasa nyeri ini akibat terputusnya jaringan syaraf dan jaringan otot , namaun semakin sering di gerakkkan maka nyeri akan berkurang. Bila ibu hanya berbaring terus menerus dan takut bergerak karena nyeri akan menghambat proses penyenbuhan. Sirkulasi darah pada luka menjadi tidak lancar.

Robekan pada jalan lahir ini perlu dilakukan penjahitan agar terhindar dari kuman atau bakteri yang sangat rawan terhadap beberapa luka, terutama pada daerah yang tersembunyi. Karena luka merupakan sarana bagi bakteri atau kuman untuk berarang dan berkembang, sehingga bisa menimbulkan infeksi.

Oleh karena itu, luka pada jalan lahir harus dilakukan penjahitan untuk menutup luka dan merawat kembali vagina agar bisa berbentuk sebagaimana mestinya. Luka pada lubang vagina yang tidak dijahit juga akan menyebabkan lubang vagina menjadi semakin luas, sehingga akan mengurangi keharmonisan pada saat melakukan hubungan seksual. Demi menjaga keharmonisan keluarganya, aka harus dilakukan perawatan sebagaimana mestinya.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!