Respon Ayah dalam Menyambut Kelahiran

Posted on

Reaksi orang tua dan keluarga terutama ayah, terhadap bayi yang baru lahir, berbeda-beda. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya reaksi emosi maupun pengalaman. Masalah lain juga dapat berpengaruh, misalnya masalah pada jumlah anak, keadaan ekonomi keluarga dan lain sebagainya. Respon yang mereka perlihatkan pada bayi baru lahir ada yang positif dan ada juga yang negatif. Terutama pada seorang ayah, tentu saja memiliki respon yang berbeda-beda, bukan hanya perbedaan diantara beberapa pria, tetapi terkadang respon ayah dalam menyambut kelahiran pertama dan kedua sudah terdapat perbedaan. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa alasan tertentu.

Respon positif dari seorang ayah dapat ditunjukkan dengan:

  • Seorang ayah akan menyambut kelahiran bayinya dengan rasa bahagia dan haru. Hal ini sangat wajar, dan memang kebanyakan dari pasangan yang resmi sudah berumah tangga. Hal ini disebabkan karena salah satu tujuan dari pernikahan mereka adalah memiliki keturunan. Kebahagiaan akan sangat dirasakan oleh ayah yang baru saja menyandang status sebagai ayah.
  • Seorang ayah akan semakin giat bekerja untuk memenuhi kebutuhan bayi dengan baik. Dengan kelahiran bayinya, maka seorang ayah akan lebih giat lagi dalam mencari nafkah, karena selain untuk menafkahi istri, dengan kelahiran bayi, maka perlu dana tambahan untuk bisa menafkahi bayi atau anaknya.
  • Seorang ayah akan melibatkan diri dalam perawatan bayi. Dengan rasa kebahagiaannya, maka ayah akan selalu membantu ibu dalam merawat bayi, dan ingin selalu bersama bayinya.
  • Perasaan sayang terhadap ibu yang telah melahirkan bayi. Dengan melihat bayi mungil yang baru saja lahir, maka ayah biasanya akan semakin sayang sama ibu, karena telah berjuang untuk melahirkan bayi mungil yang merupakan keturunannya.

Respon negatif dari seorang ayah dapat ditunjukkan dengan:

  • Kelahiran bayi tidak dinginkan keluarga karena jenis kelamin bayi yang tidak sesuai keinginan.
  • Kurang berbahagia karena kegagalan Keluarga Berencana (KB). Ini artinya, kehadiran anak belum diharapkan, tetapi bagamanapun juga kehadirannya tidak bisa ditolak, sehingga harus tetap dirawat dengan baik meskipun suasana hatinya terlihat kurang bahagia atas kelahiran bayinya.
  • Perhatian ibu pada bayi yang berlebihan yang menyebabkan seorang ayah merasa kurang mendapat perhatian.
  • Faktor ekonomi dapat mempengaruhi perasaan kurang senang atau kekhawatiran dalam membina keluarga karena kecemasan dalam biaya hidupnya.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!