7 Hal Penting yang Perlu Anda Jaga Agar Cepat Hamil

Posted on

Pagi tadi saya sedang asyik menyeruput segelas susu hangat, ketika tiba-tiba saya teringat salah satu kerabat saya yang sangat ingin mempunyai anak. Dia pernah bertanya pada saya, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum masa kehamilan datang. Pertanyaan itu membuat saya lekas membuka laptop dan berselancar di dunia maya, juga semangat membuka tiap lembar buku tentang kehamilan. Mencari tahu. Berikut ulasan singkat dari berbagai informasi yang saya dapatkan. Semoga bisa menjawab kegelisahan Anda yang memiliki pertanyaan yang sama dengan kerabat saya.

7 Hal Penting yang Perlu Anda Jaga Agar Cepat Hamil

Dikutip dari Health24 (Selasa, 12/02/13), Nancy Eriksen, MD (dari bagian kesehatan ibu dan janin di University of Texas, Houston) mengatakan “Kebanyakan perempuan bahkan tidak menyadari mereka hamil sampai minggu-minggu pertama berlalu, padahal organ-organ bayi sudah mulai terbentuk.” Itulah sebabnya bagi Anda yang bersiap untuk hamil, harus melakukan pemeriksaan sebelum hamil (prakonsepsi). Ini sesuatu yang mutlak penting untuk dilakukan.

Selain itu, juga ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum hamil, antara lain:

1. Kesehatan Diri Sendiri

Sudah menjadi pengetahuan umum bagi kita bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting. Saya sarankan agar Anda lebih ekstra menjaga kesehatan ketika berencana untuk hamil, karena kesehatan Anda tentu sangat memengaruhi kondisi bayi Anda kelak. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes, maka lakukanlah pemeriksaan yang lebih intens karena kondisi ini dapat meningkatkan resiko bayi lahir cacat. Oh ya, kondisi lain yang harus Anda monitor adalah penyakit jantung, asma, dan epilepsy. Untuk pencegahan, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter kebidanan.

2. Hindari Obat Berbahaya

Untuk Anda yang sudah pingin jadi Ibu, perhatikan obat-obat yang Anda konsumsi. Karena beberapa jenis obat seperti antibiotik tetrasiklin, pengencer darah, obat anti kejang dan ACE inhibitor bisa membahayakan janin.

3. Suplemen yang Tepat

Selain menghindari obat-obatan yang berbahaya, Anda juga sebaiknya mengonsumsi vitamin yang tepat untuk menunjang kehamilan. Nah, vitamin prenatal sebaiknya mengandung 400 mikrogram asam folat. Ini untuk mencegah cacat lahir spinda bifida. Asam folat sangat penting lho Bu untuk perkembangan janin di awal-awal pembuahan. Jadi jangan lupa konsumsi vitamin yang tepat ya.

4. Resiko yang Mungkin Dialami Bayi

Parental atau orang tua sangat memengaruhi kondisi bayi yang akan dilahirkan. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa orang tua adalah pembawa sifat genetik anak-anaknya. Jadi, sebaiknya lakukan skrining genetik untuk mencegah timbulnya penyakit tertentu.

5. Pemeriksaan Golongan Darah

Perbedaan golongan darah dan rhesus/Rh darah (unsur yang mempengaruhi antibodi yang terkandung di dalam sel darah merah) dapat mengancam janin dalam kandungan. Karena itu, sebaiknya Anda dan suami melakukan pemeriksaan golongan darah dan rhesus untuk mengantisipasi hal tersebut.

6. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan tidak hanya di masa remaja lho, Bu. Anda juga harus melakukannya ketika memutuskan untuk hamil.  Karena berat badan yang berlebih ketika hamil bisa meningkatkan resiko terjadinya komplikasi.

7. Vaksinasi

Untuk Anda yang merencanakan kehamilan, sebaiknya lakukan vaksinasi tiga bulan sebelum hamil. Misalnya vaksin campak, gondok, tetanus, polio, rubella, dan hepatitis B. Vaksinasi berguna untuk memberikan perlindungan pada bayi.

Jangan lupa terapkan resep agar cepat hamil di atas ya Bu, untuk mendapatkan bayi yang sehat (^_^). Baca juga Vitamin D Agar Cepat Hamil

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!