Pola Makan yang Baik untuk Persiapan Kehamilan

Posted on

Persiapan fisik perlu dilakukan oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat. Karena dari fisik yang sehat dan kuat, akan menghasilkan janin yang kuat dan sehat pula. Persiapan fisik ini salah satunya meliputi makanan yang memenuhi izi seimbang.

Pemenuhan gizi seimbang sangat diperlukan dalam memperbaiki dan meningkatkan kesehatan fisik dalam mempersiapkan kehamilan yang sehat. Gizi seimbang akan membuat ibu dan janin menjadi lebih sehat dibandingkan ibu hamil yang tidak memperhatikan asupan gizinya.  Banyak orang yang mengabaikan kesehatan terutama kebutuhan makanan atau gizi, terlebih agi pada saat awal kehamilan. Pada awal kehamilan sangat dibutuhkan asupan nutrisi untuk pembentukan tubuh janin nantinya. Selain itu, pada awal kehamilan juga merupakan pembentukan otak janin. Sementara itu,  pada awal kehamilan wanita seringkali mengalami mual muntah, sehingga asupan nutrisi menjadi kurang terpenuhi. Oleh sebab itu, sangat diperlukan cadangan makanan sebelum masa kehamilan tiba.

Kehamilan bukan saja mengenai perjalanan sembilan bulan yang menyenangkan akan tetapi juga perjalanan dalam persiapan kehamilan yang harus dipersiapkan. Modal utama yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan kehamilan adalah asupan nutrisi yang mencukupi kebutuhan calon ibu hamil. Hal ini dikarenakan pada minggu pertama terjadinya pertumbuhan organ vital pada bayi dan ibu harus dapat mendukung nutrisi tersebut. Sesuai dengan panduan, ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang bervariasi dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak yang disesuaikan dengan kecukupan gizi harian calon ibu hamil. Selain itu perhatikan pula kebutuhan nutrisi lain yang sering kali terlupakan oleh ibu hamil.

Pola makan yang baik pada wanita yang ingin hamil, pada umumnya seperti pola makan sehat pada umumnya. Yaitu mengatur menu makanan yang memiliki nilai gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan sebagainya. Karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, roti, kentang, jagung, gandum, biscuit, dan lain sebagainya. Protein bisa diperoleh dari lauk pauk seperti ikan, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan dan lain sebagainya. Vitamin terbanyak dapat diperoleh dari sumber buah-buahan dan sayuran segar. Dan mineral bisa diperoleh dari meminum air putih.

Frekuensi makan yang baik adalah sebanyak 3 kali dalam sehari semalam,yaitu pagi, siang dan malam. Namun porsi yang butuhkan tidak perlu terlalu banyak, dengan porsi sedang dan teratur akan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Untuk program kehamilan, diperlukan tambahan khusus asupan vitamin E dan asam folat. Kedua vitamin ini bisa diperoleh secara alami dari buah dan sayuran seperti alpukad, pisang, papaya masak, asparagus, brokoli, telur, susu, gandum, dan lain sebagainya. Dan bisa pula ditambahkan suplemen makanan asam folat dan vitamin E yang bisa dibeli di apotik.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!