Pertumbuhan dan Perkembangan Janin pada Usia 9 – 12 Minggu

Posted on

Kehamilan minggu ke – 9

Minggu ini mata embrio sudah memiliki organ-organ mata sudah lengkap. Tetapi mata janin belum terbuka karena kelopak mata belum terbentuk sempurna. Saat ini embrio sudah menjadi janin. Meskipun masih tergolong sangat kecil, janin sudah terlihat mirip dengan bayi. Selama perkembangan organ, lengan atas lebih cepat tumbuh dibanding paha dan betis. Lengan sudah berada di lokasi akhir dan jari-jari mulai memisah. Lekukan yang menandai perkembangan jari tangan di kemudian hari sudah terbentuk. Perkembangan luar biasa minggu ini adalah janin sudah mulai bergerak. Meskipun sudah mulai bergerak, tetapi ibu masih belum bisa merasakannya. Pertumbuhan alat kelamin janin akan dimulai. Panjang janin saat ini adalah 22-30 mm dengan berat badan sekitar 2 gram.

Kehamilan minggu ke – 10

Embrio saat ini memiliki panjang 31 sampai 42 mm dengan perkiraan berat badan sekitar 4-5 gram. Telinga sudah mulai berbentuk dan kelopak mata sudah tidak transparan lagi. Wajah embrio saat ini sudah menyerupai sebagaimana manusia dengan ekornya yang sudah  menghilang.

Kehamilan minggu ke – 11

Janin saat ini memiliki panjang dari kepala sampai bokong sekitar 44 sampai 60 mm dengan perkiraan berat janin sekitar 8 gram, kurang lebih sebesar telapak tangan Ibu. Tahap gangguan atau kecacatan pada janin sudah terlewat minggu ini, minggu pembentukan organ sudah selesai dan sekarang memasuki tahap pembesaran, pemanjangan, dan penyempurnaan. Janin akan memulai refleks menelan dan mencium. Janin akan mulai bergerak dan menggeliat dan gerakan tersebut akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan tubuhnya yang makin sempurna. Namun gerakan ini hanya terlihat dengan pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Ibu sendiri baru akan merasakan gerakan janin dalam beberapa minggu ke depan.

Kehamilan minggu ke – 12

Berat janin sekarang antara 8 – 14 gram dengan panjang kepala sampai bokong hampir 60 mm. Janin tumbuh dan berkembang 2 kali lipat dalam 3 minggu terakhir. Perkembangan terbesar janin minggu ini adalah refleks bayi. Jari-jari janin akan mulai terbuka, ibu jari kaki janin akan mulai menekuk, otot mata akan berkontraksi dimana janin dapat mengedipkan mata, dan mulut janin akan membentuk gerakan menghisap. Janin mulai dapat menelan cairan ketuban di mana janin Ibu sedang berenang-renang sekarang. Janin bisa bernapas dan tenggelam di dalam cairan amnion. Janin mendapatkan oksigen dari darah yang dipompakan ke dalam tubuh oleh plasenta dikarenakan janin belum dapat bernapas menggunakan paru-paru. Sebagian besar organ janin sudah sempurna terbentuk minggu ini. Saat ini janin akan memasuki masa pematangan fungsi sistim organ, agar organ dapat berfungsi sempurna dalam 28 minggu ke depan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!