Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi usia 3 Bulan

Posted on

Agar kita lebih mudah untuk mengontrol pertambahan berat badan bayi yang normal sebaiknya miliki sebuah buku posyandu, kartu menuju sehat (KMS). Di dalamnya telah dibuat diagram parabola pertambahan berat badan anak normal sesuai pertambahan umur.

Umur 1 hingga tiga bulan, berat badan bertambah 700 gram setiap empat minggu atau bertambah sebanyak 170 – 200 gram per minggunya. Umur 3 hingga 6 bulan pertambahan berat badan normal adalah sebanyak 450 gram setiap 4 minggu atau sekitar 125 gram perminggu. Pada umur 6 hingga 12 bulan pertambahan berat badan bayi setiap empat minggu sebanyak 350 gram. Namun demikian, tidaklah sama antara pertumbuhan dan perkembangan bayi yang satu dengan bayi yang lainnya. Hal tersebut didasarkan pada lingkungan dan nutrisi masing-masing bayi.

Hari demi hari, minggu demi minggu yang telah dilalui oleh bayi anda merupakan masa-masa penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi organ tubuhnya. Semakin lama akan semakin nampak akan perubahan pada tubuhnya, terutama berat badan dan tinggi badannya.

Selain itu akan semakin menggemaskan dengan tingkahnya yang sudah mulai memberikan reaksi ketika diberikan rangsangan. Sudah bisa diajak tersenyum dan memberikan respon yang menyenangkan bagi semua orang yang berada di dekatnya. Keaktifan bayi pada masa-masa pertumbuhannya bia menjadi sinyal bagi kecerdasan bayi anda, semakin dia mampu menangkap rangsangan atau stimulus yang diterimanya, maka kemungkinan ia akan memiliki kecerdasan yang lebih baik.

Bayi Usia 3 Bulan

  • Sekarang dia dapat menggenggam benda secara aktif dengan tangannya.
  • Dia dapat memiringkan kepala saat berbaring dan menahannya untuk sementara
  • Sudah mulai bisa mengangkat kepala setinggi 45 derajat. Kepalanya telah dapat dia jaga dengan stabil dan matanya dapat mengikuti gerakan benda ke segala arah.
  • Dia mengenal suara Anda, tersenyum dan merespon Anda dengan suara.
  • Memberikan reaksi ocehan ataupun menyahut dengan ocehan.
  • Tertawanya sudah mulai terdengar keras.
  • Bisa membalas senyum di saat Anda mengajaknya bicara atau tersenyum.
  • Mulai mengenal ibu dengan penglihatannya, penciuman, pendengaran, serta kontak mata atau sentuhan.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!