Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 12 Bulan

Posted on

Saat ini bayi anda telah memasuki akhir dari tahun pertama yang dia lalui. Tentu akan semakin cerdas dan lebih banyak kemauan yang harus dituruti. Mungkin saja bayi anda akan menjadi lebih manja dan sangat ingin selalu disayang. Dia akan lebih banyak lagi akan terus bereksperiment mengenia hal-hal yang ada disekitarnya. Perkembangan bayi 12 bulan juga sudah sangat banyak hal-hal baru yang lebih menyenangkan. Ibu akan menemukan berbagai hal baru yang dilakukan oleh bayinya. Pada usia 12 bulan, bayi telah bisa mengenal benda yang dia lihat ditempat lain. Berat badan untuk usia 12 bulan berkisar mulai 8,5 Kg.

Bayi usia 12 bulan

  • bayi anda sudah pandai makan sendiri dan menggunakan sendok, walaupun belum begitu cekat dan makanan seringkali tidak sampai ke mulutnya.
  • Dia suka memberikan anda alat mainan tapi dia juga akan mengambil alat mainan daripada anda, dan dia juga suka meletakkan barang seperti bongkah ke dalam bekas dan mengeluarkan semuanya semula.
  • Perkembangan bayi 12 bulan, bayi juga sudah bisa mulai memutuskan suatu hal. Bayi sudah bisa memilih pakaian yang hendak dia kenakan.
  • Sebagian besar bayi sudah dapat berbicara sederhana atau berjalan.
  • Jika dia mengembangkan keterampilan berbicara terlebih dahulu, maka kemampuan berjalannya tertinggal.
  • Sebaliknya, bila dia bisa berjalan terlebih dahulu maka keterampilan berbicaranya tertinggal.
  • Bayi perempuan biasanya lebih dulu mengembangkan keterampilan berbicara, namun tidak semuanya demikian.

Saat belajar berdiri, orangtua bisa menstimulasinya dengan mengacungkan kedua tangannya di depan si kecil. Hal ini berguna untuk menariknya supaya berpegangan dan berdiri. Atau agar anak rajin melakukan aktivitas ini kita bisa menaruh mainan kegemarannya di tempat yang bisa dijangkau anak.

Meskipun beberapa bayi sudah bisa berjalan sebelum menginjak usia 1 tahun, namun berdasarkan penelitian umumnya anak dapat berjalan di rentang usia 13-15 bulan. Stimulasi yang pas dapat membuatnya lebih cepat berjalan. Caranya, dengan memperlihatkan mainan menarik sewaktu ia berdiri hingga memotivasi/merangsangnya untuk melangkah.

Yang harus diingat, tidak semua anak memiliki perkembangan kemampuan yang sama. Ada yang lebih cepat, ada juga yang lambat. Jadi, ketika kita mendapati kemampuan anak tidak sesuai, jangan terburu-buru menilainya mengalami kelainan. Sangat mungkin dia hanya kurang mendapat stimulasi sehingga kemampuannya tidak terasah secara optimal. Kasus-kasus seperti ini biasa terjadi pada bayi yang orangtuanya overprotektif dan kelewat rajin melarang ini dan itu.

Nah, agar kemampuan motorik kasar bayi terasah baik, selain memberikan stimulasi, orangtua hendaknya memberi kebebasan kepada anak untuk memaksimalkan berbagai kemampuannya. Kalaupun ternyata ada sedikit gangguan pada motorik kasarnya, jangan tunda untuk segera memastikan ke ahlinya hingga bisa secepatnya menjalani fisioterapi.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!