Pertanyaan yang Sering Diajukan Ibu Hamil

Posted on

Hamil adalah proses dimana Anda membawa fetus di dalam tubuh. Pada masa ini akan ada banyak perubahan yang terjadi dalam diri Anda. Perubahan-perubahan ini mungkin membuat Anda khawatir, apakah kondisi tersebut normal atau tidak. Jadi, wajar saja jika Anda memunculkan berbagai pertanyaan terkait hal ini. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak ibu-ibu hamil dan dijawab oleh Zita West.

1. Apakah normal jika suami tidak suka menyentuh perut istri yang hamil?

Hal ini normal kok. Jadi Anda  tidak perlu mengkhawatirkannya. Setiap suami punya cara sendiri menghadapi istrinya yang sedang hamil. Ada yang senang memegang perut istri, merasakan tendangan bayi dari dalam, tapi ada juga suami yang tidak suka melakukan hal ini. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Sekali lagi, ini normal kok (^_^).

2. Bagaimana menghentikan rasa gatal pada perut?

Perut terasa gatal adalah hal umum yang terjadi pada ibu hamil pada trimester ketiga. Hal ini terjadi karena kulit semakin meregang, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Rasa gatal ini dapat dihilangkan dengan memijatnya dengan krim dan minyak. Periksakan ke dokter jika gatal terasa ekstrem untuk memeriksakan peningkatan asam empedu dan fungsi hati.

3. Seperti apa rasanya bayi bergerak?  

Waktu yang dibutuhkan seorang ibu hamil untuk merasakan gerakan bayinya berbeda-beda. Ada yang cepat, ada juga yang lambat. Tapi kebanyakan ibu hamil mulai merasakannya di usia 18-21 minggu kehamilan. Rasanya seperti ada kupu-kupu kecil. Semakin lama usia kehamilan, maka gerakan bayi akan semakin terasa.

4. Bagaimana mengatasi kaki yang terasa panas?

Jika kaki Anda terasa panas selama masa kehamilan, maka lakukanlah pemijatan, refleksi atau merendam kaki. Anda tidak perlu khawatir, karena ini sangat umum terjadi dan dapat diatasi dengan cara tadi. Selama kehamilan berlangsung sering terjadi masalah sirkulasi, aliran darah dari sekitar daerah panggul yang menyebabkan rasa panas dan bengkak di kaki. Periksakan ke dokter, jika rasa panas disertai rasa sakit.

5. Mengalami beberapa mimpi aneh, apakah ini efek hamil?

Mimpi aneh pada saat hamil adalah hal yang normal. Jadi jangan terlalu khawatir ya, Bu. Mimpi memiliki anak di trimester pertama dan mimpi tentang persalinan di trimester akhir adalah hal yang wajar kok. Mungkin bawaan pingin cepat-cepat menggendong sang bayi. Hihihi (^_^).

6. Apakah tulang rusuk membesar selama hamil?

Iya, tulang rusuk akan membesar. Dikutip dari detikHealth “Hormon yang disebut relaxin akan dilepaskan dalam tubuh selama tahap akhir kehamilan untuk mempersiapkan tubuh dalam menghadapi persalinan. Kondisi ini akan membuat tulang rawan rileks terutama di sekitar panggul dan tulang rusuk.” Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini.

7. Mengapa gusi berdarah dan gigi jadi sensitive?

Ini juga merupakan efek samping dari kehamilan. Makanya, Ibu yang lagi hamil harus lebih ekstra menjaga gigi dan mulut ya (^_^). Gusi yang berdarah bisa meningkatkan resiko infeksi dan menyebabkan inflamasi (peradangan). Selama menjaga gusi dan mulut dengan baik, Anda tidak perlu takut dengan hal ini.

8. Apakah perlu menggunakan sabuk pengaman?

Ketika Anda bepergian dengan menggunakan mobil, maka sabuk pengaman harus digunakan. Dan yang terpenting adalah meletakkan sabuk pengaman di tempat Anda merasa nyaman. Jika Anda merasa tidak nyaman menggunakan sabuk pengaman, maka sebisa mungkin batasi jumlah waktu di dalam mobil.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering mengganggu Ibu hamil. Semoga bermanfaat. (^_^)

Baca juga tentang Langkah Rahasia Agar Cepat Hamil dan Doa Agar Cepat Hamil

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!