Persiapan yang Perlu Dilakukan Calon Ibu Hamil

Posted on

Persiapan Ibu Sebelum Kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang penting karena dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 9 bulan 10 hari, seorang ibu mempersiapkan seorang calon generasi yang akan terlahir di dunia. Berhubung proses ini demikian singkat, sedangkan hasil produksinya akan digunakan dalam waktu yang lama, maka perlu upaya yang serius untuk menanganinya. Usahakan istri memperbanyak bacaan mengenai seluk-beluk kehamilan. Sehingga apabila masanya tiba, istri telah siap lahir batin untuk berjuang. Misalnya, pengetahuan tentang usia kehamilan baru hingga 3-4 bulan akan membuat para calon ibu banyak mengalami beragam keluhan (pusing hebat, mual, muntah, lemas). Dengan membayangkan masa itu, istri yang sedang mengalami kehamilan mudanya tidak akan kaget, panik atau bahkan marah mengalaminya. Namun mereka malah akan mensyukuri beragam keluhan tersebut dengan gembira. Karena dengan rasa itulah berarti di dalam tubuhnya mengalami perubahan hormonal karena proses tumbuh kembang janin dalam rahim.

Contoh lain misalnya, ketika menjalani masa kehamilan 6 bulan ke atas, biasanya punggung dan pinggang terasa pegal-pegal, kaki bengkak, kaki sering mengalami kram, beban tubuh yang kian berat sehingga menyulitkan para ibu untuk beraktivitas. Belum lagi bayangan proses kelahiran anak yang begitu menyakitkan. Dengan mengetahui ilmunya terlebih dahulu, seorang calon ibu akan lebih kuat dan cenderung gembira menjalani proses tersebut. Karena selain jihad, proses itulah yang memang dinantikan karena menginginkan adanya momongan di tengah keluarga.

Dan yang terakhir, alasan yang paling bisa menghibur adalah pikiran untuk mensugesti diri, proses ini hanya 9 bulanan dan semua ibu yang mengandung juga mengalami hal yang di alami, betapapun beratnya. Dengan pemikiran tersebut, menambah kesiapan calon ibu untuk berjanji sehingga tidak akan bersikap lrhiu berlebihan (manja) ketika menjalani proses tersebut. Dan jangan sampai menuntut suami untuk memperhatikan secara berlebihan, karena ini hanya proses alamiah seorang calon ibu. Yang dapat menghibur hati setiap calon ibu manakala hamil adalah pemahaman akan peran besar para wanita yang sedang mengandung di hadapan Allah layaknya jihad. Untuk meneguhkan dan membahagiakan hati ibu yang sedang mengandung, ada baiknya hadis berikut ini dicantumkan.

Dari Thabrani, bahwa Sallamah, perempuan yang mengasuh Ibrahim bin Rasulullah berkata: “Wahai Rasulullah, engkau telah memberikan kabar gembira kepada kaum laki-laki berupa berbagai macam kebaikan, sementara engkau tidak pernah memberikan kabar gembira kepada kaum perempuan?” Rasulullah pun bertanya: “Apakah kamu telah disuruh oleh teman-temanmu sesama perempuan untuk menanyakan hal ini?” Sallamah menjawab: ‘Benar, mereka telah menyuruhku.”Rasulullah bersabda: “Apakah seseorang dari kalian tidak senang bila dia mengandung janin dari suaminya, lalu suaminya ridha kepadanya, bahwa dia berhak mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berperang di jalan Allah dengan berpuasa di siang harinya dan berqiyamullail di malam harinya? Apabila dia merasakan sakit ketika langit dan bumi tidak ada yang mengetahui berapa banyak pahala yang tersimpan untuknya. Ketika dia telah melahirkan, maka tidaklah keluar setetes air susu dan tidaklah dihisap satu hisapan air susu pun, kecuali dia akan mendapatkan satu kebaikan atas setiap tetes atau satu hisapan air susunya itu. Apabila dia tidak bisa tidur semalaman suntuk mengurus bayinya,  maka baginya pahala seperti pahala membebaskan 70 budak di jalan Allah.”

Baca juga Penyebab Pria tidak Subur dan Penyebab Infertibilitas pada Pria dan Wanita

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!