Persiapan dalam Menghadapi Persalinan

Posted on

Kelahiran merupakan suatu dambaan yang mutlak bagi pasangan suami istri. Untuk menyambut kelahiran bayi mungil, tentu melalui proses persalinan yang harus dihadapi oleh istri. Sebelum menjalani masa persalinan, tentu perlu ada persiapan-persiapan sebelumnya. Persiapan yang cukup dalam menjalani masa persalinan sangat penting untuk kelancaran dalam proses persalinan itu sendiri.

Bimbingan tenaga medis adalah hal yang mutlak dilakukan. Selama konsultasi ke dokter kandungan, sang ibu biasanya telah dibekali dengan pengetahuan seputar proses persalinan agar ibu lebih siap dalam menghadapi momen tersebut. Mempersiapkan persalinan merupakan momen yang membahagiakan tak hanya bagi calon ibu tetapi juga bagi calon ayah. Meski demikian, tak jarang juga calon orang tua diliputi cemas yang berlebih mengenai bagaimana proses persalinan berlangsung.

Dalam menghadapi persalinan, diharapkan persiapan sebagai berikut:

  • Persiapan fisik

Ketika menghadapi persalinan, maka wanita harus mempersiapkan kesehatan fisik untuk dapat mencegah kesulitan dalam proses persalinan. Persiapan fisik bisa diperoleh dari konsumsi makanan yang tepat dan bergizi sebagaimana mestinya dengan porsi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar mendapatkan energy seimbang.

  • Persiapan mental

Persiapan mental bisa diperoleh dengan memperbanyak do’a, dzikir dan mencari ketenangan agar selalu optimis bahwa persalinan merupakan hal yang alami sehingga akan dapat dilaluinya tanpa hambatan atau kesulitan. Persiapan mental bisa juga diperoleh dari dukungan keluarga, terutama suami yang siap mendampingi pada saat menjelang persalinan hingga proses persalinan selesai.

  • Persiapan tempat melahirkan

Sebelum sampai pada hari persalinan, sebaiknya telah difikirkan dan dipertimbangkan dalam memilih tempat yang cocok untuk melahirkan. Hal ini tentu berkaitan dengan rasa nyaman dalam menjalani proses persalinannya nanti.

  • Persiapan materi

Persiapan materi sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan dalam menyambut kelahiran. Persiapan ini tidak boleh dilupakan. Banyak hal yang perlu disiapkan, yakni meliputi uang, pakaian ibu, pakaian bayi, sarung, dan lain sebagainya. Tak dipungkiri, bahwa uang merupakan kebutuhan utama saat-saat menjelang persalinan.

  • Banyak berdiskusi dengan pasangan

Hal kecil seperti mempersiapkan perlengkapan bayi, mengecat kamar bayi maupun mempersiapkan nama bagi bayi merupakan hal yang membutuhkan komunikasi antara pasangan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!