Perawatan Payudara Selama Kehamilan

Posted on

Tidak sedikit wanita yang mengabaikan perawatan payudara saat kehamilan, entah itu dikarenakan memang tidak mengetahui manfaat yang akan di dapatkan atau memang karena malas. Selama kehamilan, bentuk payudara wanita akan mengalami perubahan, baik akan terasa lebih besar, lebih kencang atau bahkan lebih penuh dari sebelumnya. Bahkan setelah melahirkan, pada payudara wanita akan mengelami perubahan 1.5 kali lebih besar dari sebelumnya.

Kemudian apa sajakah perawatan yang perlu anda lakukan untuk dapat bermanfaat untuk payudara nantinya saat selesai melahirkan? Melakukan perawatan payudara dianjurkan memulai pada usia kehamilan 5-6 bulan. Dan jika anda melakukan perawatan payudara sejak dini (awal kehamilan misalnya) bukan manfaat yang akan anda dapatkan melainkan bisa menimbulkan kontraksi pada rahim yang tentu akan berbahaya untuk janin dan ibu hamil. Berikut beberapa perawatan yang aman untuk anda coba.

Perawatan Payudara Selama Kehamilan

Pemijatan payudara ini bisa anda lakukan saat mandi misalnya, yang perlu anda lakukan untuk pemijatan adalah :

  • Menyiapkan air hangat dan air dingin diwaskom, minyak kelapa yang bersih atau juga bisa diganti dengan baby oil, handuk dan kapas.
  • Bersihkan payudara dengan menggunakan air kemudian pijatlah menggunakan minyak kelapa atau baby oil yang sudah anda siapkan tadi. Cara melakukan pemijatannya adalah dengan pemijatan di sekeliling payudara menggunakan kedua tangan memutar searah jarum jam. Kemudian lakukan pemijatan memutar berlawanan dengan arah sebelumnya.
  • Lakukan pengurutan dari bawah menuju puting, namun untuk putingnya sendiri tidak perlu dilakukan pemijatan karena tidak ada kalenjar disana.
  • Setelah melakukan pemijatan, ketuk-ketuklah payudara dengan menggunakan ujung jari atau ruas jari. Hal ini akan membuat sirkulasi darah pada payudara menjadi lebih baik.
  • Bersihkan payudara dengan menggunakan kapas dan minyak. Minyak berguna untuk melenturkan dan melembabkan puting sehingga menghindari terjadinya luka saat menyusui.
  • Bersihkan kembali payudara dengan menggunakan air hangat agar sirkulasi darah kembali normal

Selain dengan melakukan pemijatan seperti diatas, anda juga bisa melakukan senam untuk perawatan payudara anda. Kemudian dalam perawatan sehari-hari, anda bisa menggunakan bra yang pas dengan ukuran payudara anda, jadi dianjurkan untuk menggunakan bra yang tidak telalu longgar dan tidak terlalu ketat.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!