Perawatan Payudara pada Masa Nifas

Posted on

Pada ibu yang telah melahirkan, maka tentu berada pula pada masa menyusui. Dan menyusui bukanlah kegiatan yang tanpa resiko, terdapat beberapa resiko yang akan terjadi pada payudara ibu yang menyusui. untuk hal ini perlu yang namanya perawatan payudara.

Bagi sebagian ibu, aktivitas menyusui kerap dihubungkan dengan keindahan payudara. Alasan inilah yang membuat mareka enggan berlama-lama menyusui. Namun bukan berarti dengan alasan ini bayi kita tak dapat menyusu. Cara membuat payudara tetap terlihat indah dan kencang apalagi setelah persalinan dan disaat anda menyusui (masa nifas), selain terlihat indah, perawatan payudara yang dilakukan dengan benar dan teratur akan memudahkan si kecil mengkomsumsi ASI.

Pemeliharaan ini juga bisa merangsang produksi ASI dan mengurangi risiko luka saat menyusui yaitu melakukan perawatan payudara yang dengan benar dan teratur. Berikut ini adalah kiat-kiat perwatan payudara yang dapat anda praktekkan sejak hari ke-2 usai persalinan, untuk merawat payudara agar tidak terjadi resiko-resiko pasa masa-masa menyusui:

  1. Cucilah tangan, lalu tuangkan minyak ke dua belah telapak tangan secukupnya.
  2. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Lakukan gerakan kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan, mulai dari pangkal payudara dan berakhir dengan gerakan spiral pada daerah putting susu. Selanjutnya buatlah gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu di seluruh bagian payudara. lakukan gerakan seperti ini pada payudara kanan
  3. Letakkan pada kedua telapak tangan diantara dua payudara. urutlah dari tengah keatas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan keduanya perlahan. Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 kali. Variasi lainnya adalah gerakan payudara kiri dengan kedua tangan, ibu jari diatas dan empat jari lainnya di bawah. Peras dengan lembut payudara sambil meluncurkan kedua tangan ke depan kea rah putting susu, lakukan hal yang sama pada payudara kanan.
  4. Sangga payudara dengan satu tangan, sedangkan tangan lain mengurut payudara dengan sisi kelingking dari arah pangkal payudara kearah putting susu. Lakukan gerakan ini sekitar 30 kali. Setelah itu, letakkan satu tangan disebelah atas dan satu lagi di bawah payudara. luncurkan kedua tangan secara bersamaan kearah putting susu dengan cara memutar tangan. Ulangi gerakan ini sampai semua bagian payudara terkena urutan.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!