Penyebab Susah Hamil Selepas Keguguran

Posted on

Hi … Terima kasih telah berkunjung ke halaman ini. Saya akan membahas tentang penyebab susahnya seorang wanita mendapatkan anugerah kehamilan. Meskipun tidak membahas secara umum tentang penyebab susahnya hamil setelah keguguran, saya berharap artikel ini dapat menambah wawasan pengetahuan calon ibu.

Baca juga artikel tentang posisi bercinta agar cepat hamil. Penyebab susah hamil setelah keguguran dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi semua orang, baik pria ataupun wanita. Hal itu dikarenakan setiap wanita hamil pasti beresiko mengalami keguguran. Khususnya masa kehamilan muda di bawah lima bulan yang tingkat resikonya lebih tinggi. Oleh karena itu, perlu diberikan informasi yang valid dan lengkap terkait apa saja penyebab keguguran pada saat wanita hamil. Selain itu, dibutuhkan informasi cara pencegahannya yang bisa dipraktikkan oleh seluruh wanita yang saat ini sedang mengandung janinnya. Namun demikian, kita semua harus selalu mensupport wanita-wanita yang baru saja mengalami keguguran dan ingin memiliki momongan secepatnya. Anak merupakan salah satu rezeki yang diberikan oleh Tuhan melalui tubuh seorang wanita. Jika wanita yang mengandung mengalami keguguran banyak orang mengatakan belum rezeki wanita tersebut. Setelah mengalami keguguran sang wanita ingin hamil lagi secepatnya agar bisa segera memiliki momongan.

Kenyataannya, sang wanita yang baru saja mengalami keguguran tidak bisa lekas hamil lagi. Hal ini tentu saja sangat mengecewakan bagi pihak wanita bersama pasangannya masing-masing. Oleh karena itu, harus segera dicari lebih mendalam penyebab susah hamil setelah keguguran. Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

Organ rahim yang belum bersih

Setelah seorang wanita mengalami keguguran, yang bersangkutan harus dioperasi untuk membersihkan organ kandungannya dari sisa-sisa janin yang masih menempel di dingding-dinding rahim. Jika tidak segera dibersihkan, sangat ditakutkan kotoran tersebut terus menempel hingga menjadi bibit penyakit yang tidak menutup kemungkinan menyebabkan sel kanker. Sangat berbahaya sehingga harus segera dibersihkan secepatnya. Pada bidang kedokteran lebih dikenal dengan cara kuret dalam rangka membersihkan rahim wanita pasca keguguran. Hanya dokter spesialis kandungan yang mampu melakukannya karena sudah dibekali pengetahuan dan keterampilan semacam itu. Jangan pernah mencoba melakukan kuret pada pihak-pihak yang diragukan karena taruhannya adalah nyawa wanita, atau minimal merusak organ rahim milik wanita.

Sementara bisa menyebabkan penyakit berbahaya, sang wanita akan sulit mendapatkan keturunan setelah keguguran. Pasalnya, sel sperma yang masuk ke dalam rahim tidak akan optimal sampai ke sel telur. Bahkan, bukan tidak mungkin produksi sel telur mengalami penurunan setelah mengalami keguguran. Kondisi seperti ini tentu saja sangat merugikan pihak wanita. Oleh karena itu, perlu segera dicari jalan solusinya agar berbagai masalah setelah keguguran bisa teratasi. Selanjutnya, momongan yang sudah didambakan bisa segera dimiliki.

penyebab susah hamil selepas keguguran
source : google.com

Aspek psikologis dan mentalitas dari wanita

Tidak sedikit wanita merasakan masa trauma setelah mengalami keguguran pada janin yang dikandungnya. Hal itu masih wajah dan manusiawi karena calon bayi seharusnya dilahirkan dan dibesarkan ternyata harus meninggal lebih cepat. Perasaan kecewa, sedih, marah, malu bergabung menjadi satu hingga mempengaruhi efek psikologis atau kejiwaannya. Jika tidak segera ditangani, wanita yang bersangkutan dalam mengalami trauma berkepanjangan. Dia tidak ingin mengandung lagi karena takut mengalami keguguran kembali. Dengan begitu, sang wanita akan merasa takut untuk berhubungan intim dengan pasangannya karena khawatir bisa hamil lagi.

Kekhawatiran itu semakin memuncak ditambah dengan perasaan wanita yang lebih sensitif. Trauma itu bisa berpengaruh pada organ-organ seksualnya pasca keguguran. Oleh karena itulah, harus segera diambil tindakan sigap untuk mengetasi trauma yang dirasakan wanita yang baru saja mengalami keguguran. Cara yang cukup efektif, yaitu melakukan terapi kesehatan, baik untuk kesehatan fisiknya maupun kejiwaannya. Terapis yang profesional dan berpengalaman mampu memulihkan kondisi wanita agar mau dan mampu mengandung kembali. Pasalnya, anak merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan untuk menyambung generasi selanjutnya.

Organ intim wanita yang rusak

Kerusakan pada organ intim wanita bisa disebabkan pada saat operasi kuret yang dilakukannya. Jika dilakukan bukan oleh orang atau pihak berkompeten, sangat beresiko mengganggu fungsi organ intim wanita, terutama di bagian rahim. Padahal rahim berfungsi vital untuk melakukan penetrasi seksual hingga pembuahan sel telur. Jika mengalami kerusakan atau menurun fungsinya, tidak menutup kemungkinan berpengaruh pada pembuahan sel telur oleh sel sperma. Jika terjadi gangguan pada proses pembuahannya maka tidak mungkin wanita tersebut mengandung janin. Peristiwa ini harus selalu dipahami oleh semua wanita bahwa kesehatan organ intim secara keseluruhan sangat penting kaitannya mendapatkan keturunan atau tidak. Oleh karena itu, semaksimal mungkin harus dijaga agar tidak rusak, terganggu fungsinya, atau permasalahan yang lain.

Bagi seorang wanita yang baru saja melakukan operasi kuret, sebaiknya segera dipulihkan kondisi fisiknya. Bagian rahim memang sangat vital bagi seorang wanita. Jika mengalami pemasalahan pada organ intim yang satu ini, bukan tidak mungkin sulit mengandung janin hingga mendapatkan keturunan. Berbagai tindakan operasi atau kesehatan yang lain bisa berpengaruh pada organ intim yang seorang wanita. Dengan begitu, jangan pernah berbuat yang menyalahi aturan karena bisa berpengaruh pada organ rahim yang fungsinya sangat vital dan penting. Jika merasakan sesuatu yang kurang beres pada bagian organ intim kewanitaan Anda, jangan pernah ragu untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis ataupun praktisi kesehatan yang terkait.

Mengkonsumsi berbagai obat pasca keguguran

Tidak menutup kemungkinan seorang wanita yang baru saja mengalami peristiwa keguguran harus melakukan beberapa terapi kesehatan, setelah dioperasi kuret. Dalam terapi kesehatan tersebut, pasti wanita yang bersangkutan disuruh mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang bertujuan agar mengembalikan kesehatan tubuhnya serta aspek psikologis yang lain. Sementara itu, obat-obatan atau ramuan yang dikonsumsi bukan tidak mungkin mengandung bahan-bahan kimiawi berbahaya yang bisa berpengaruh pada kesehatan organ intim maupun kondisi tubuh secara umum. Selanjutnya, jika kondisi bagian organ intim seperti halnya rahim mengalami gangguan fungsinya, maka sangat beresiko terhadap proses pembuahan di dalam rahim.

Oleh karena itu, jangan pernah sembarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan pasca mengalami keguguran bagi Anda para wanita. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kepada dokter spesialis untuk menghndari hal-hal yang tidak diinginkan. Inilah yang harus diperhatikan oleh semua pihak tanpa terkecuali. Kesehatan reproduksi atau lebih spesifik lagi pada bagian organ-organ intim harus selalu dijaga semaksimal mungkin. Dengan begitu, peristiwa keguguran atau trauma mendalam pasca mengalaminya bisa dihindari oleh semua wanita, khususnya mereka yang sudah berumah tangga. Pasalnya, tidak sedikit wanita yang sudah menikah sangat mendambakan mendapatkan keturunan secepatnya. Sementara itu, kesenangan dan semangat wanita seperti itu hingga melupakan kondisi kesehatan reproduksinya. Akhirnya, dia bisa mengalami keguguran yang bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Wanita yang cerdas harus bisa menjaga sendiri kesehatan tubuhnya. Apalagi di sampingnya terdapat seorang pria yang berfungsi sebagai suaminya. Dia bisa membantu setiap saat untuk bersama-sama dalam menjaga kesehatan tubuh. Keguguran sebenarnya bisa dihindari asalkan mengetahui pengetahuan terkait semua hal mengenai perilaku wanita yang sedang hamil. Dengan begitu, Anda sebagai wanita tidak perlu takut mengetahui kenyataan mengenai penyebab susah hamil setelah keguguran.

Penyebab Susah Hamil Selepas Keguguran

Menurut beberapa lembaga kesehatan, penyebab utama dari ketidaksuburan wanita adalah karena adanya masalah dengan ovulasi (Proses pelepasan telur yang telah matang dari dalam rahim untuk berjalan menuju Tuba Falopi untuk proses pembuahan) dan masalah seperti ini secara umum bisa anda lihat dari periode/masa menstruasi yang tidak normal/tidak lengkapnya masa menstruasi.

Berikut ada beberapa penyebab susah hamil setelah keguguran yang sebagian besar juga masih berhubungan dengan masalah ovulasi :

Ovarium Jaringan Parut

Sulit hamil disebabkan karena adanya kerusakan fisik pada ovariumnya, dan kerusakan itu bisa di sebabkan karena adanya pembedahan akibat kista ovarium. Adanya operasi yang konstan dan invasif dapat menyebabkan kerusakan jaringan parut ketitik dimana falikel ovarium tidak dapat lagi dewasa. Oleh karena itu proses ovulasi menjadi tidak sempurna.

Bermasalah dengan Tiroid.

Hipertiroidisme merupakan suatu kondisi yang mana kalenjar Tiroid yang bekerja terlalu aktif. Sedangkan tiroid hipotiroidisme merupakan kondisi yang disebabkan oleh tiroid kurang aktif. Keduanya dapat menyebabkan masalah  infertilitas pada wanita.

Menopause Dini

Apakah Monepouse dini itu? menurut Mayo Clinic. Hal ini di definisikan sebagai kekurangan atau hilangnya menstruasi dan tanda awal habisnya folikul ovarium sebelum seorang wanita mencapai usia 40 tahun. Dan seorang wanita bisa di golongkan dalam sebutan monepouse dini jika fungsi ovarium/indung telur dan menstruasi berhenti sebelum mereka berumur 40 tahun. Hal ini bisa di sebabkan karena penyakit kekebalan tertentu atau bahkan terapi radiasi pun bisa juga menjadi pemicu monepouse dini.

Sindrom Ovarium Polikistik

PCOS (sindrom ovarium polikistik) merupakan kondisi yang menyebabkan produksi hormon androgen yang berlebihan dan ini menjadi salah satu sebab utama infertilitas pada wanita. Ketidak stabilan hormon yang di sebabkan karena PCOS ini bisa berefek pada masalah dengan ovulasi sehingga siklus menstruasi menjadi terganggu. Kondisi seperti ini biasa juga di hubungkan dengan masalah obesitas dan resistensi insulin.

Endometriosis

Kondisi ini akan mempengaruhi indung telur, telur, saluran telur, rahim dan bahkan fungsi sperma. Endometriosis merupakan kondisi dimana jaringan rahim yang tumbuh di luar rahim, dalam kasus yang ringan konsepsi masih mungkin terjadi karena tidak semua wanita akan mengalami infertilitas dan laporoskopi dapat di gunakan untuk menghilangkan jaringan parut yang di sebabkan oleh endometriosis untuk membantu pembuahan.

Obat-obatan Tertentu.

Beberapa obat-obatan dapat juga berefek infertilitas pada wanita, namun dengan menghentikan konsumsi secara penuh, seorang wanita masih mungkin untuk kembali menjadi subur seperti semula lagi. Begitu pula minum minuman beralkohol, merokok, makan tidak sehat, kelebihan atau kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan infertilitas pada wanita.

Pengobatan Kanker

Dalam proses penyembuhan penyakit kanker biasanya di lakukan dengan radioterapi, atau bentuk lain pengobatan kanker juga dapat mempengaruhi kesuburan pria atau wanita. Riset membuktikan, bahwa efek radiasi salah satunya adalah menurunnya tingkat kesuburan seseorang. Maka dari itu, seorang wanita yang akan menjalani terapi radiasi harus berkonsultasi dengan dokter tentang efek radiasi yang mungkin bisa mempengaruhi kesuburan bereproduksi.

Adhesi Pelvis

Dapat di definisikan sebagai jaringan parut yang tumbuh setelah operasi panggul, usus buntu yang dapat mempengaruhi keuburan. Di karenakan hal ini bisa mengubah saluran tuba, maka akan sulit bagi teur-telur wanita untuk melakukan perjalanan melalui saluran tersebut

Usia

Ini menjadi salah satu faktor umum yang terjadi sebagai sebab terjadinya infertilitas pada wanita. Pada usia di atas 40 tahun maka jumlah sel telur akan semakin sedikit dan cenderung lebih kurang sehat. Maka dari itu intensitas keguguran akan semakin besar.

Kerusakan Pada Saluran Telur

Bisa di sebabkan karena adanya penyumabatan/jaringan parut sehingga saluran tuba akan meradang. Dan hal inilah yang bisa menyebabkan infertilitas. Pada umumnya kerusakan yang seperti ini di sebabkan karena penyakit menular seksual, trutama klamidia. Ada beberapa kasus lain yang dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran tuba antara lain penyakit radang radang panggul atau bekas operasi akibat kehamilan ektopik.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!