Penyebab Infertifilitas pada Pria dan Wanita

Posted on

Masa hamil yang berkisar sekitar 9 bulan, merupakan proses pembentukan bakal manusia yang nantinya akan terpakai selama puluhan tahun – sesuai dengan harapan hidup manusia. Jadi proses 9 bulan akan menentukan kehidupan bakal manusia tersebut seumur hidup. Oleh karena itu, jika sepasang suami istri menghendaki adanya momongan, maka diharapkan keduanya dapat mempersiapkan fisiknya sebagai ‘pabrik’ yang mengendalikan mutu sehingga janin sebagai proses produksi bisa berkembang secara optimal. Oleh karena itu, pemeriksaan kehamilan sebelum memutuskan untuk hamil adalah sesuatu hal yang penting, sehingga beragam penyakit yang mengganggu proses kehamilan dapat diketahui dan diobati.

Penyebab Infertifilitas pada Pria dan Wanita

Bagi yang telah mempunyai momongan sebelumnya, pemeriksaan kesehatan prahamil hanya digunakan untuk memastikan kondisi sehat bagi calon ibu hamil. Namun bagi yang belum mempunyai momongan, cek kesehatan lebih luas tujuannya, yaitu meliputi kondisi status pasangan suami istri tersebut apakah dalam kondisi fertil (subur), infertil (tidak subur/ mandul), ataukah malah pasangan tersebut adalah pasangan infertil yang membutuhkan penanganan khusus.

Usia kesuburan optimal manusia adalah antara 24 – 25 tahun. Berhubung, banyak orang yang pada usia tersebut masih kuliah atau memutuskan untuk karer, maka penundaan usia untuk menikah akan memperkecil peluang untuk memiliki anak. Karena banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah di luar usia subur sehingga kondisinya tidak seoptimal pada masa-masa subur mereka.

Pasangan yang sehat dan subur memiliki peluang untuk berhasil melakukan pembuahan (konsepsi) selama masa subur sekitar 20 – 30% tiap bulannya. Diperlukan hanya satu sel telur wanita dan satu sel sperma pria agar terjadi pembuahan. Namun, sel sperma yang mampu mencapai dan membuahi sel telur haruslah sel sperma yang sehat dan berkualitas. Bila selama lebih dari setahun mencoba untuk mendapatkan kehamilan namun belum juga membuahkan hasil, pasangan harus curiga akan kemungkinan adanya masalah. Kondisi sulitnya sepasang suami istri untuk memperoleh keturunan, dimungkinkan mengalami salah satu atau dua kondisi berikut ini:

Infertifilitas, yaitu kemampuan reproduksi terganggu, artinya meskipun dapat terjadi pembuahan tetapi kehamilan yang terjadi terganggu dalam perjalanannya dan berakhir dengan keguguran atau lahirnya bayi yang mati.

Atau keduanya merupakan Pasangan Infertil, yaitu pasangan suami istri yang meski dengan berhubungan badan teratur tanpa pemakaian kontrasepsi selama masa 12 bulan berturut-turut tidak menghasilkan kehamilan dan/ atau melahirkan bayi hidup.

Masalah sulitnya memperoleh keturunan bisa ditimbulkan dari pihak suami, ataupun pihak istri. Akan lebih bijaksana, apabila kedua belah pihak bersedia memeriksakan diri demi si buah hati.

Penyebab infertifilitas dapat berasal dari pihak istri, maupun suami atau kedua-duanya. Kurang lebih 50% infertifilitas disebabkan dari pihak istri, 40% dari pihak suami dan 10% lainnya tidak terjelaskan (infertifilitas idiopatik).

Penyebab infertifilitas dari pihak istri biasanya adalah : tuba fallopii tidak normal, ovulasi tidak normal, adanya endemetriosis, organ-organ reproduksi tidak normal (vagina, serviks, korpus dan endometrium), masalah imunologi dan psikologi.

Sedangkan penyebab pada pihak suami biasanya adalah jumlah dan mutu sperma yang tidak normal serta masalah psikologi.

Secara umum, infertifilitas dapat disebabkan oleh :

  1. Gangguan pada hubungan seksual, dapat berupa kesalahan teknik bersenggama (silakan baca : 4 Posisi Hubungan Intim Terbaik agar Cepat Hamil) yang menyebabkan penetrasi tidak sempurna ke kemaluan istri.
  2. Gangguan pada pihak suami, yaitu gangguan yang disebabkan oleh kondisi fisik, psikis atau kebiasaan suami.
  3. Gangguan pada pihak istri, yaitu gangguan yang disebabkan oleh kondisi fisik dan psikis sang istri.

Untuk selanjutnya kita akan membahas secara detail tentang penyebab terjadinya kemandulan pada suami atau istri. Silakan baca juga Pantangan Makanan Agar Cepat hamil

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkos Kirim ke Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!