Penyebab dan Ciri-Ciri Wanita Mandul

Posted on

Dalam suatu pernikahan, kehadiran seorang anak adalah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Kebahagiaan pasangan menikah akan bertambah dengan adanya anak. Namun, tidak semua pasangan beruntung dan dapat memiliki anak. Banyak hal yang bisa menyebabkan suatu pernikahan tidak juga mendapatkan keturunan. Salah satunya adalah tingkat kesuburan suami istri. Jika salah satunya mengalami ketidaksuburan, maka akan lebih sulit untuk berketurunan. Ketidaksuburan pada istri bisa dikenali dari ciri-ciri wanita mandul.

Ciri-ciri wanita mandul yang paling mudah dideteksi adalah siklus menstruasi yang tidak lancar. Hal ini menandakan adanya gangguan dalam organ reproduksi atau hormon. Normalnya seorang wanita mengalami haid setiap bulannya. Namun jika haid terjadi dalam rentan waktu beberapa bulan sekali, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan medis. Keguguran juga bisa menjadi salah satu indikasi infertilitas pada wanita jika terjadi lebih dari satu kali.

Penyebab dan Ciri-Ciri Wanita Mandul

Ada beberapa penyebab kemandulan yang dialami wanita seperti:

  • Berat badan yang tidak ideal. Berat tubuh yang terlalu kurus atau terlalu gemuk dapat menyebabkan kemandulan karena kondisi hormonal yang tidak seimbang.
  • Penyakit menular seksual yang tidak diobati. Penyakit ini akan mempengaruhi kesuburan wanita karena virusnya dapat menyebar sampai organ lain dan menghambat ovulasi.
  • Merokok tidak hanya memicu sel kanker tetapi juga menjadi penyebab keguguran dan kesuburan yang semakin menurun.
  • Penggunaan kontrasepsi. Kontrasepsi ditujukan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Saat alat tersebut dilepas, wanita akan mengalami infertilitas sementara karena dibutuhkan waktu untuk memulihkan proses ovulasi.

Fakor penyebab ketidaksuburan pada wanita dapat dicegah. Hanya saja terkadang sangat sulit untuk mulai menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah awal pencegahan. Perlu diingat oleh pasangan menikah bahwa ketiadaan anak belum tentu disebabkan oleh istri yang mandul karena infertilitas juga bisa terjadi pada pria. Jika perlu pasangan telah menikah dapat melakukan tes kesehatan untuk mengetahui tingkat kesuburannya. Mengenal ciri-ciri wanita mandul adalah langkah awal untuk mewaspadai ketidaksuburan, selanjutnya diperlukan pemeriksaan secara medis.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!