Penyebab dan Cara Mengobati Azoospermia

Posted on

Kehamilan pada wanita dapat terjadi bila sel telur dibuahi oleh sel sperma. Kadangkala kehamilan yang diharapkan oleh pasangan suami istri tidak kunjung terwujud karena masalah kesehatan salah satunya adalah azoospermia. Istilah ini digunakan untuk menyebut penyakit yang terjadi pada pria dimana cairan semen yang dihasilkan tidak mengandung sel sperma atau kuantitasnya sangat sedikit. Kondisi ini tentu akan menyulitkan pasangan untuk memiliki anak. Lalu apakah penyebab dan cara mengobati azoospermia?

Penyebab dan Cara Mengobati Azoospermia

Penyakit azoospermia bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Tersumbatnya saluran sperma. Jika terjadi sumbatan maka sel sperma akan terhambat dan tidak bisa bertemu dengan sel telur.
  • Terjadi inveksi virus dan bakteri. Inveksi dapat mengganggu kerja organ intim pria untuk memproduksi sel sperma.
  • Terlalu sering ejakulasi sehingga sel sperma yang diproduksi semakin berkurang jumlahnya dan menurun kualitasnya.
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti berganti-ganti pasangan.

Selain penyebabnya, kita juga harus tahu cara mengobati azoospermia. Ada dua cara yang bisa ditempuh yaitu dengan cara alami dan medis. Cara alami yaitu dengan menyeimbangkan menu harian dan membatasi asupan makanan penyebab kegemukan. Di samping itu juga danjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan seperti stroberi, alpukat, dan pisang yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Jika azoospermia terjadi karena adanya penyumbatan pada saluran sperma, cara medis dapat dilakukan dengan operasi. Selama melakukan pengobatan, jagalah pola hidup sehat agar semua cara yang ditempuh tidak sia-sia.

Penyakit azoospermia memang sangat sulit dideteksi karena tidak ada ciri-ciri khusus yang timbul pada penderitanya. Pendeteksian penyakit ini hanya bisa dilakukan secara medis. Jika hasilnya positif, sebaiknya segera dilakukan terapi pengobatan menurut penyebabnya. Jika suami menderita penyakit ini, istri hendaknya terus mendorong semangatnya untuk menjalani proses pengobatan. Keadaan seperti ini akan menurunkan kepercayaan diri suami dalam memiliki keturunan. Di sinilah peran istri untuk lebih sabar dalam mendampingi suami. Cara mengobati azoospermia ini akan lebih baik jika dilakukan dengan pendampingan dokter ahli yang khusus menangani masalah kesuburan.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!