Penyebab Bayi Lama di Jalan Lahir

Posted on

Persalinan memang merupakan proses yang alami dan pasti dialami oleh wanita yang akan melahirkan bayinya, karena hal ini tidak dapat dihindari. Namun demikian persalinan normal atau melalui vagina tanpa harus dilakukan operasi sesar pun terkadang ada beberapa penyulit yang bisa menghambat persalinan menjadi lebih lama dari waktu yang telah ditentukan.

Persalinan lama (distosia) adalah persalinan yang sulit yang ditandai adanya hambatan kemajuan dalam persalinan, dimana persalinan yang telah berlangsung 12 jam atau lebih, bayi belum lahir dan biasanya disertai komplikasi ibu maupun janin. Penyebabnya tentu bermacam-macam. Kesulitan ini bisa terjadi pada proses pembukaan serviks maupun pasa saat proses kelahiran. Pada saat kelahiran, biasanya timbul masalah pengeluaran bayi yang tak kunjung berhasil, sehingga bayi lama di jalan lahir. Kepala bayi tampak muncul kemudian tenggelam lagi di dalam vagina. Hal ini menyebabkan bayi berada lebih lama di jalan lahir.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa menyebabkan bayi lama di jalan lahir:

  • Tenaga ibu

Tenaga ibu sangat dibutuhkan untuk bisa menjalani proses kelahiran. Pada saat bayi akan keluar, maka ibu akan mendorong kuat dengan kekuatan atau tenaga ibu dalam mengejan atau berkuat, agar kepala bayi bisa segera keluar. Ketika kekuatan ibu dalam berkuat semakin lemah sementara kepala bayi belum lahir, maka ini akan menjadi masalah, baik bagi ibu maupun bayi. Hal ini juga bisa dipengaruhi oleh kontraksi uterus yang melemah, sehingga kekuatan alami untuk meneran pun juga berkurang.

  • Kelainan janin

Jain yang lebih besar tentu akan lebih sulit untuk keluar dibandingkan bayi yang lebih kecil. Persalinan dapat mengalami gangguan atau kemacetan juga bisa disebabkan karena kelainan dalam bentuk janin. Kelainan bentuk dan besar janin seperti hidrosefalus atau pembesaran pada kepala bayi sejak masih berupa janin. Hal ini akan menyebabkan persalinan menjadi lebih lama.

  • Kelainan jalan lahir

Kelainan jalan lahir bisa akibat dari tumbuhnya tumor di jalan lahir, sehingga menghambat kemajuan bayi yang akan lahir. Selain itu juga bayi lama di jalan lahir bisa disebabkan karena  elastisitas jalan lahir masih terlalu kuat, sehingga peregangan kulit masih sulit. Sehingga untuk bisa mengeluarkan bayi perlu dilakukan episiotomy.

Namun demikian, masalah yang sering terjadi pada kasus bayi lama berada di jalan lahir adalah karena energy ibu yang kurang atau cara ibu berkuat yang tidak tepat, sehingga sasaran untuk melahirkan bayi masih sulit dilakukan dengan segera.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!