Penyebab Anemia pada Ibu Hamil

Posted on

Anemia sering menyerang pada ibu hamil. Pada kondisi anemia ringan, memang bukanlah sesuatu yang membahayakan kehamilan. Namun jika anemia tidak mendapatkan perhatian, atau dibiarkan begitu saja, maka ia bisa menjadi suatu penyakit yang sangat berbahaya terhadap terjadinya komplikasi kehamilan.

Anemia merupakan suatu keadaan adanya menurunnya kadar sel darah merah atau sering disebut dengan hemoglobin (Hb) dibawah nilai yang normal. Biasanya penyebabnya adalah karena kekurangan zat gizi untuk pembentukan sel darah merah. Dan yang paling sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia karena kekurangan  zat besi. Anemia ini terjadi karena kurangnya tubuh dalam mengkonsumsi asupan zat besi dan protein dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, adanya gangguan penyerapan di usus, perdarahan tiba-tiba ataupun secara berkala, dan pada saat hamil wanita akan memerlukan zat besi yang meningkat lagi.

Saat anemia menyerang ibu hamil, itu menandakan bahwa darah ibu tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk mensuplai kebutuhan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dan saat hamil, tentu dibutuhkan sel darah merah yang lebih banyak lagi guna mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat selama masa kehamilannya.

Anemia bisa ditandai dengan adanya gejala-gejala seperti kepala terasa pusing, berkunang-kunang, badan terasa lelah, lesu, lemah, bagian konjungtiva pada mata akan nampak pucat, dan akan terdeteksi dengan pemeriksaan hemoglobin melalui darah. Akibat dari anemia bisa menyebabkan perdarahan pada saat persalinan dan kurangnya asupan nutrisi pada janin.

Macam-macam dan penyebab anemia pada ibu hamil

  • Anemia difisiensi zat besi. Ini merupakan jenis anemia yang lebih sering menyerang ibu hamil dibandingkan jenis anemia lainnya. Anemia ini disebabkan oleh karena tubuh ibu hamil tidak mempunyai asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dalam memproduksi sel darah merah untuk keperluan selama kehamilannya. Hal ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang lebih banyak mengandung  zat  besi dan suplemen tablet zat besi.
  • Anemia difisiensi folat. Folat yang sering disebut asam folat, selain sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan janin, juga dibutuhkan dalam hal produksi sel darah merah, sehingga ibu hamil pun juga sangat perlu mengkonsumsi baik makanan ataupun suplemen yang mengandung asam folat.
  • Anemia difisiensi  Vitamin B12. Saat hamil pun, tubuh juga memerlukan vitamin B 12 yang cukup. Vitamin B 12 juga dibutuhkan untuk membantu produksi sel darah merah untuk mempertahankan agar kondisi ibu hamil tidak terserang anemia.
Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!