Pentingnya Sentuhan Ibu terhadap Bayi

Posted on

Sentuhan ibu kepada bayinya bukanlah suatu hal yang biasa, namun memiliki manfaat dan makna yang luar biasa bagi bayinya. Sudah sewajarnya seorang bayi memiliki ikatan batin yang kuat dengan ibunya, demikian juga dengan seorang ibu akan memiliki ikatan batin yang kuat terhadap bayinya hingga dewasa. Hal tersebut karena selama kurang lebih 9 bulan bayi berada di dalam rahim ibu sejak masih berupa sel hingga menjadi bayi yang siap lahir ke dunia untuk bisa melihat wanita yang telah membawanya kemanapun pergi untuk dijaga.

Tentu saja hal itu bukan suatu hal yang biasa. Ketika di dalam kandungan bayi merasakan kasih sayang ibunya melalui kehangatan dan sentuhan dari luar yang membuatnya terasa nyaman di dalam rahim ibu. Ketika akan lahir, ibu harus merasakan rasa sakit yang tiada terkira demi bisa melihat bayinya lahir dengan selamat dan akan saling menyapa.

Meskipun baru dilahirkan dan Nampak belum mengenal ataupun mengetahui apapun yang ada disekitarnya, namun jangan mengira bahwa ia tidak bisa merasakan apa-apa. Emosional bayi telah ada semenjak ia dilahirkan ke dunia. Bayi perlu rangsangan untuk bisa berkembang dengan baik. Sentuhan merupakan salah satu rangsangan atau stimulus untuk membantu perkembangan fugsi tubuh bayi. Sentuhan ibu merupakan salah satu yang bisa memperkuat ikatan antara ibu dan bayi. Sentuhan ibu kepada bayinya merupakan suatu keajaiban bagi bayi.

Beberapa manfaat sentuhan ibu pada bayi:

  • Bayi akan merasa nyaman

Di awal-awal lahir ke dunia, bayi masih butuh waktu untuk menyesuaikan lingkungan barunya, setelah selama kurang lebih 9 bulan dia berada pada rahim yang diselimuti oleh kantung dan cairan ketuban yang membuatnya selalu hangat dan nyaman. Ketika lahir ke dunia, suhu udara masih sangat rentan untuk bayi menjalani kehidupan barunya. Dengan sentuhan ibu, da akan merasa nyaman dalam dekapan atau pelukan ibu.

  • Bayi akan merasa tenang

Sentuhan ibu akan membuat bayi menjadi tenang, dan merasakan kasih sayang yang tulus. Ketika dalam dekapan ibu, maka bayi akan tampak lebih tenang dan nyenyak tidur.

  • Suhu bayi menjad normal

Suhu udara bayi ketika dalam kandungan sangat hangat dan sesuai dengan suhu tubuh bayi. Ketika lahir ke dunia, suhu udara di dunia tidak sesuai dengan suhu tubuh bayi, namun berangsur-angsur bayi bisa menyesuaikannya. Dalam hal ini, bayi sangat butuh kehangatan, dan kehangatan yang sesungguhnya adalah berasal dari dekapan ibu.

  • Menjalin ikatan batin yang kuat

Sentuhan hangat ibu kepada bayi merupakan salah satu yang dapat membangut kekuatan batin antara keduanya. Saat ibu mendekap dan terjadi kontak mata, saling bertatapan, maka kekuatan batin pun akan timbul.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!