Pentingnya Pemeriksaan Pap Smear

Posted on

Pap smear adalah suatu kesehatan pemeriksaan kesehatan bagi wanita dengan mengambil sedikit lender serviks atau leher rahim yang akan diperiksa perubahan-perubahan sel-sel permukaan leher rahim. Umumnya pap smear dilakukan untuk keperluan deteksi pada kanker serviks. Tes pap smear ini perlu dilakukan untuk wanita yang pernah berhubungan seksual berapapun usianya hingga usia 65 tahun guna mendeteksi adanya kemungkinan terjangkitnya kanker serviks.

Kanker serviks termasuk dalam kategori tumor ganas yang tumbuh di serviks atau leher rahim wanita. Kanker ini dapat meluas ke area vagina, rahim, hingga indung telur. Pada stadium akhir kanker serviks mampu menyebar ke kandung kemih, usus besar, dan bahkan dapat menyerang hati, tulang maupun otak. Kanker serviks ini merupakan salah satu kasus kanker yang banyak dijumpai dan dialami oleh wanita di Indonesia.

Hampir semua perempuan tidak menyadari bahwa kanker serviks adalah kanker pembunuh nomer satu tertinggi di Indonesia.hal yang sering tak disadari pula adalah bahwa kanker serviks bisa menyerang dan semua wanita beresiko terkena kanker serviks tanpa melihat usia dan gaya hidup yang dilakukan oleh tiap wanita.

Kanker serviks disebabkan oleh Human Pappiloma Virus (HPV). Virus ini dapat ditularkan melalui kontak kelamin dari kulit ke kulit, sehingga dapat menular ke semua perempuan tanpa melihat usia dan gaya hidupnya. Faktanya diperkirakan sekitar empat dari lima perempuan yang aktif secara seksual akan terkena infeksi HPV selama hidupnya.

Namun sekarang sudah tersedia vaksin baru yang dapat memberikan perlindungan hamper 70% terhadap virus tersebut. Vaksin ini bekerja dengan cara membantu tubuh anda membangun kekebalan terhadap virus HPV tertentu yang merupakan penyebab terjadinya kanker serviks, dan memberikan antibody atau kekebalan awal yang tinggi dan menjaganya tetap tinggi. Ini sangat membantu untuk memastikan bahwa anda memiliki tingkat perlindungan yang tinggi terhadap virus tersebut.

Dengan sebab parahnya kanker serviks saat menyerang wanita, maka sangat penting bagi tiap wanita yang telah bersentuhan kelamin, melakukan hbungan seksual untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear guna untuk mendeteksi secara dini kondisi serviks. Agar setidaknya bisa mengetahui kondisi serviks, sehingga jika tidak terdapat kelainan, maka menjadikan kita bisa tetap menjaga organ berharga wanita dengan baik. Dan jika terdeteksi sebelum stadium lanjut, maka akan dengan lebih mudah untuk bisa ditangani.

Bukan suatu hal yang diwajibkan untuk setiap wanita, namun pemeriksaan Pap Smear sangat dianjurkan demi kesehatan organ berharga yang tak bisa digantikan jika telah diserang oleh kanker serviks yang sangat ganas. Maka dari itu, para wanita sudah seharusnya menjaga diri dari hal-hal bisa menimbulkan suatu penyakit dalam dirinya. Dalam hal ini adalah jauhi hubungan intim dengan lebih dari satu orang dan rutin untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear sebagai langkah awal dalam mendeteksi dan bukti tanda peduli terhadap diri sensiri.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!