Pentingnya Pemberian Kolostrum

Posted on

Kolostrum adalah, cairan pelindung yang kaya akan zat anti infeksi dan  berprotein tinggi yang keluar dari hari pertama sampai hari keempat atau ketujuh  setelah melahirkan. Setelah persalinan komposisi kolostrum mengalami perubahan. Kolostrum berwarna kuning keemasan yang disebabkan oleh tingginya komposisi  lemak dan sel-sel hidup. Kekebalan bayi akan bertambah dengan adanya kandungan zat-zat dan vitamin yang terdapat pada air susu ibu tersebut, serta volume kolostrum yang  meningkat dan ditambah dengan adanya isapan bayi baru lahir secara terus  menerus jadi disini juga menjadi salah satu pentingnya memberikan Kolostrum.

Hal ini yang mengharuskan bayi segera setelah lahir ditempelkan ke payudara ibu, agar bayi dapat sesering mungkin menyusui. Kandungan kolostrum inilah yang tidak diketahui ibu sehingga banyak ibu dimasa setelah persalinan tidak memberikan kolostrum kepada bayi baru lahir karena pengetahuan tentang kandungan kolostrum itu tidak ada.

Pentingnya Kolostrum bagi pertahanan tubuh bayi karena kolostrum merupakan imunisasi pertama bagi bayi. Manfaat kolostrum antara lain:

Pentingnya Kolostrum

  • Membantu mengeluarkan mekonium dari usus bayi karena kolostrum merupakan pencahar (pembersih usus bayi) yang membersihkan mekonium sehingga mukosa usus bayi yang baru lahir segera bersih dan siap menerima ASI.
  • Sesuai dengan kebutuhan bayi baru lahir. Karena kolostrum yang terdapat pada ASI pada permulaan menyusui ini banyak mengandung protein,vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah, sehingga hal ini tentunya akan sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahirannya.
  • Melindungi bayi dari diare karena kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh 10-17 kali lebih banyak dibandingkan susu matang.
  • Melawan zat asing yang masuk ke tubuh bayi
  • Melawan infeksi penyakit oleh zat-zat kekebalan tubuh
  • Menghalangi saluran pencernaan menghidrolisis (menguraikan) protein
  • Mengeluarkan kelebihan bilirubin sehingga bayi tidak mengalami kekuningan pada tubuhnya dimana kolostrum mempunyai efek laktasif (Pencahar).
  • Berperan dalam gerak peristaltik usus (gerakan mendorong makanan)
  • Menjaga keseimbangan cairan sel
  • Merangsang produksi susu matang (mature)
  • Mencegah perkembangan kuman-kuman pathogen

Ternyata sangat banyak manfaat kolostrum, namun masih banyak di kalangan masyarakat kita yang belum mengetahui akan pentingnya pemberian kolostrum kepada bayi. Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi ibu melahirkan untuk memberikan kolostrum kepada bayinya.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!