Pentingnya merencanakan kehamilan

Posted on

Seberapa pentingkan anda untuk merencanakan kehamilan? Wanita yang hamil butuh mempersiapkan diri, mulai dari persiapan nutrisi yang akan menjadi dua kali lipat sehingga dibutuhkan juga asupan lebih dari biasanya dan juga keadaan tubuh yang juga perlu diperhatikan. Untuk usia kehamilan yang paling aman dalam kehamilan adalah 25-35 tahun, secara fisik dan psikis seorang wanita sudah cukup siap untuk reproduksi.

Secara umum saat usia 25-35 tahun tersebut wanita telah memiliki kematangan kepribadian dan kedewasaan berpikir. Usia 20 an telah melewati fase pencarian jati diri dan sudah memantapkan untuk memulai karirnya. Selain itu, pada usia tersebut seorang wanita juga sudah memiliki hormon yang lebih stabil dibandingkan pada saat masa remaja.

Pentingnya merencanakan kehamilan

Kemudian dalam persiapan kehamilan juga harus diperhitungkan jarak antara kehamilan satu dengan kehamilan selanjutnya, berikut beberapa alasannya.

  • Memberikan waktu bagi rahim, hormon, dan organ-organ terkait dengan kelahiran untuk dapat memulihkan dirinya. Pada umumnya kondisi tubuh wanita akan kembali normal setelah 2 tahun melahirkan anak pertama. Pada saat itulah seorang ibu akan siap kembali untuk hamil.
  • Perhatian pada anak pertama. Jika jarak antara anak pertama dan kedua (kurang dari 2 tahun) hal ini akan menimbulkan gejala rivling rivalry atau perasaan iri dengan saudara kandungnya karena telah mencuri perhatian orang tua atas dirinya sendiri.
  • Kemandirian anak. Dalam hal ini lebih kepada kesiapan kita sebagai orang tua, bayangkan jika harus mengurus dua anak dalam waktu yang bersamaan. Meskipun anda bisa menyerahkan salah satu anak kepada pengurus anak (dengan memakai bantuan orang lain) tetap saja mereka berdua akan membutuhkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Dan akan lebih mudah jika salah seorang dari mereka sudah bisa diajak berkomunikasi dan dapat mengurus dirinya sendiri, sehingga tidak akan muncul kecemburuan seperti pada point yang kedua.

Dalam mempersiapkan kehamilan ini, selain masalah-masalah seperti diatas. Anda juga harus mempersiapkan nutrisi yang nantinya akan sangat dibutuhkan oleh janin ketika anda menginginkan sebuah kehamilan. Karena kebutuhan tubuh tidak akan sama saat anda belum mengalami kehamilan, akan dibutuhkan porsi yang lebih dari biasanya.

Keputihan dan Kista menyebabkan Anda SUSAH HAMIL.. Bau tak Sedapnya sangat Mengganggu!
Atasi dengan CRYSTAL X.. Gratis Kirim ke JABODETABEK, Diskon 30% Ongkir Kota Lain.
Garansi UANG KEMBALI 300% jika barang yang kami kirim PALSU! Beli Sekarang! Klik di Sini!